Semarang (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum Semarang Barat, Selasa (23/1). Proyek ini dibangun oleh Kementerian PUPR dengan menunjuk WIKA KSO WIKA - GEMILANG KSO sebagai kontraktor pelaksana untuk paket pekerjaan Jaringan Distribusi Utama (JDU)

Kehadiran SPAM ini diharapkan dapat menjawab permasalahan ketersediaan air bersih dan penurunan permukaan tanah di Kota Semarang. Beroperasinya SPAM Semarang Barat akan meningkatkan layanan air minum sebesar 70.000 sambungan rumah (SR) atau setara 350.000 jiwa yang didistribusikan melalui JDU Bambankerep, Manyaran 1, Manyaran 2, dan Desel dengan panjang total 50,4 km yang menjangkau 3 kecamatan meliputi Kecamatan Semarang Barat, Ngaliyan dan Tugu.

"Saya titip agar SPAM ini dikelola dengan baik, dipastikan dapat berfungsi dengan baik untuk membantu masyarakat memperoleh air bersih dengan harga terjangkau dan berkesinambungan," ujar Jokowi.

Bagi WIKA, SPAM Semarang Barat merupakan PSN kedua yang diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada tahun 2024 setelah Bendungan Karian, Banten. Direktur Operasi I WIKA Hananto Aji yang hadir pada peresmian tersebut menyampaikan bahwa ini menjadi bukti dari tekad kuat Perseroan untuk menyelesaikan proyek yang telah dipercayakan oleh Pemerintah.

"Kepercayaan ini dijawab WIKA dengan project delivery yang baik sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya dengan maksimal," ungkap Hananto Aji

Turut hadir untuk mendampingi Presiden Jokowi di antaranya Ibu Iriana Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Ganadi Sadikin, Wali Kota Semarang Heverarita Gunaryanti Rahayu, dan Direktur Operasi I WIKA Hananto Aji.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024