Saya langsung turun untuk melakukan pemadaman kebakaran lahan di Pelalawan agar masyarakat juga dapat berbuat hal yang sama. Inisiatif saat ditemukan titik kebakaran lahan adalah pemadaman dengan cara yang manual,"
Pekanbaru (ANTARA News) - Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit turun langsung ke lokasi titik kebakaran lahan di Kabupaten Pelalawan dan langsung melakukan pemadaman dengan menggunakan mesin penyemprot air.

"Saya langsung turun untuk melakukan pemadaman kebakaran lahan di Pelalawan agar masyarakat juga dapat berbuat hal yang sama. Inisiatif saat ditemukan titik kebakaran lahan adalah pemadaman dengan cara yang manual," kata Mambang di Pekanbaru, Jumat sore.

Mambang Mit turun ke lokasi kebakaran lahan terparah di Pelalawan pada Jumat siang setelah sebelumnya sempat memimpin Rapat Koordinasi Upaya Penanggulang Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Riau.

Peninjauan oleh Mambang Mit yang didampingi oleh Danerem 031 Wirabima, Teguh Raharjo, yakni langsung menuju titik kebakaran terparah, tepatnya di Desa Rantau Baru, Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Dalam kegiatan itu, turut ikut Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Pelalawan, Nasirwan dan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Riau, Kasiarudin serta Kapolres Pelalawan Guntur Aryo Tejo.

Kepala Desa Rantau Baru, Halim, mengatakan, lahan yang terbakar di daerah itu sudah lebih sepekan terjadi.

Menurut dia, selain lahan perusahaan, dominan adalah lahan masyarakat dimana yang terbakar mencapai ratusan hektar.

Ia mengatakan, masyarakat setempat sudah berupaya keras memadamkan dengan peralatan seadanya, namun sampai saat ini masih tersisa titik api dan asap meski tidak banyak lagi.

Pada peninjauan di lapangan, Mambang Mit beserta jajaran masih melihat banyaknua titik api di lahan gambut milik masyarakat.

"Melihat ada kobaran api itu, saya langsung pegang selang air mobil pemadam kebakaran yang ada disana dan langsung mengarahkanya ke lahan yang masih mengepulkan asap karena sesungguhnya di bawah lahan api belum padam," katanya.

Upaya pemadaman secara langsung itu juga dilakukan oleh Danrem Teguh Raharjo.

Ketika itu, Wakil Gubernur Riau dan rombongan juga juga meninjau puing-puing dua unit rumah yang terbakar akibat peristiwa kebakaran lahan di desa tersebut.

Mambang Mit menjelaskan, tim gabungan penaggulangan kebakaran lahan Riau langsung turun ke lokasi, disini untuk mengetahu perkembangan dan kondisi lahan yang terbakar juga upaya yang sudah dilakukan untuk memadamkan api di sini.

"Alhamdulliah secara umum lahan yang terbakar sudah bisa dikuasai dan api sebagian besar sudah di kendalikan," kata Mambang.

Mengenai dua unit rumah warga yang terbakar, kata dia, pihaknya sudah minta Pemkab Pelalalwan melakukan rehabilitasi dan di bangun lagi, rumah warga karena kasihan warga yang terpaksa mengungsi jangan sampai lebih menderita.(*)

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013