Terkait pagu anggaran di Tahun 2023 sebesar Rp2,13 triliun, penyerapannya mencapai Rp2,12 triliun atau sekitar 99,71 persen
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan selama 2023 meraih capaian positif mulai dari prestasi taruna, lulusan yang bekerja di luar negeri, hingga penyerapan anggaran yang mencapai hampir 100 persen.

"Terkait pagu anggaran di Tahun 2023 sebesar Rp2,13 triliun, penyerapannya mencapai Rp2,12 triliun atau sekitar 99,71 persen," kata Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan Ahmad dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Saat paparan pada Rapat Kerja Evaluasi Kegiatan Tahun 2023 BPSDMP, Ahmad mengatakan selama tahun 2023 perguruan tinggi vokasi di matra laut terus meningkatkan hasil lulusannya.

Seperti menghasilkan 352.709 orang lulusan dari 13 perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia yang sebagian besarnya terserap pada bidang pekerjaan pelayaran, PNS, pelabuhan dan perusahaan BUMN.

Ia juga menambahkan pada tahun 2023, Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut telah melakukan sejumlah program yang diharapkan meningkatkan kemampuan dari para lulusannya.

Baca juga: Kemenhub resmikan Kantor UPP Bawean untuk optimalisasi layanan

Baca juga: Kemenhub dorong perguruan tinggi optimalkan BLU pendidikan vokasi


Seperti Training Needs Analysis (TNA), magang ke luar negeri untuk dosen dan taruna, pelaksanaan kerja sama diklat luar negeri, pelaksanaan diklat dengan Platform Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dan program peningkatan kemampuan berbahasa Inggris dosen dan taruna.

"Selain itu, kami juga telah melengkapi kebutuhan Sarana Prasarana Prioritas untuk kampus, Program Beasiswa S3 Tenaga Pendidik (dosen) dan Forum Pustakawan," kata Ahmad.

Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara, Achmad Setiyo Prabowo mengatakan sepanjang tahun 2015 hingga 2023 pihaknya telah mendidik berhasil mendidik sebanyak 5.310 taruna dan taruni, yang sebagian besarnya telah terserap dan bekerja di dalam dan luar negeri.

"Hampir sama dengan Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, ditempat kami penyerapan anggaran juga sangat optimal yaitu mencapai 99,89 persen. Dimana dari pagu sebesar Rp28,84 miliar kami berhasil melakukan realisasi anggaran sebesar Rp28,81 miliar," katanya.

Setiyo juga menjelaskan pada tahun 2023 perguruan tinggi di bawah pengelolaannya juga melaksanakan kegiatan strategis yaitu Pelaksanaan Kerjasama Diklat Luar Negeri.

Tercatat sebanyak 835 peserta yang mengikuti PPSDMPU – ICAO TRAINAIR PLUS. Sedangkan yang mengikuti pelatihan dari Asosiasi Angkutan Udara Internasional (IATA) sebanyak 619 orang.

Sedangkan Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat, Nahduddin mengatakan pada tahun 2023 pihaknya telah melakukan sejumlah langkah untuk meningkatkan kualitas SDM lulusannya sekaligus mendorong daya serap lulusannya.

Di antaranya kerja sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri Kerja (DUDIKA) untuk mendukung pembelajaran, peningkatan pelayanan sarana dan prasarana, sosialisasi ke sekolah menengah/kejuruan, dan Mengenalkan Perguruan Tinggi matra darat menggunakan media sosial.

Selanjutnya dari usaha itu semua, dikatakan Nahduddin, bahwa sejumlah perguruan tinggi di bawah pengelolaannya mendapatkan tawaran magang di luar negeri, tidak hanya untuk taruna namun juga untuk dosen.

Seperti Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun yang mengirimkan perwakilannya untuk belajar di luar negeri yaitu ke Jerman, Korea Selatan dan China.

Baca juga: Menhub tekankan aspek keselamatan perkeretaapian

Baca juga: Kemenhub: Digitalisasi layanan pelabuhan dorong peningkatan PNBP

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024