Buaya tersebut telah diterima langsung oleh Kepala Resor Sleman BKSDA Yogyakarta
Sleman (ANTARA) - Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta mengevakuasi seekor buaya yang muncul di aliran Sungai Tepus Ngrangsang Kalurahan Selomartani Kapanewon (Kecamatan) Kalasan, Jumat.

"Awalnya kami menerima laporan dari masyarakat yang melihat kemunculan seekor buaya di aliran Sungai Tepus Selomartani Kalasan," kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kabupaten Sleman Sutriyana.

Menurut dia, atas laporan tersebut kemudian Damkar Kabupaten Sleman mengirimkan petugas untuk memastikan laporan tersebut, dan selanjutnya melakukan langkah yang diperlukan.

"Kebetulan sebelumnya ada anggota yang sedang melakukan penanganan kemunculan ular Sowo Bajing di rumah warga di Sembur Kalurahan Tirtomartani Kalasan," katanya.

Ia menjelaskan, sesampai di lokasi kemunculan buaya di Sungai Tepus sekitar pukul 11.30 WIB, memang benar ada kemunculan buaya yang panjangnya diperkirakan sekitar dua meter di sungai tersebut.

"Selanjutnya petugas Damkar Sleman bersama anggota Polsek Kalasan, Koramil Kalasan, relawan, dan warga sekitar langsung berupaya menangkap buaya tersebut," katanya.

Sutriyana mengatakan, setelah selama sekitar 35 menit akhirnya penanganan dan evaluasi buaya tersebut dapat diselesaikan.

"Penanganan dilakukan dengan menjerat tubuh buaya dan selanjutnya dievakuasi ke Mako Damkar Sleman, dan melanjutkan laporan ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam
-BKSDA- Yogyakarta," katanya.

Ia juga mengatakan, saat ini buaya yang diperkirakan jenis buaya muara tersebut telah diserahterimakan kepada BKSDA Yogyakarta.

"Buaya tersebut telah diterima langsung oleh Kepala Resor Sleman BKSDA Yogyakarta," katanya.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024