Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambah penerangan di permukiman untuk mencegah pencurian termasuk pencurian kendaraan bermotor.
 
"Perumahan padat penduduk itu yang perlu ada penerangan dikarenakan memang banyak sekali kasus curanmor hingga anak-anak pengguna narkoba,” kata Ida kepada wartawan di Jakarta, Minggu.
 
Ida menuturkan hingga kini sudah banyak laporan tentang tindak kriminalitas termasuk pencurian kendaraan bermotor (curanmor) lantaran kurangnya pencahayaan di permukiman penduduk.
 
Karena itu, dia meminta Dinas Bina Marga DKI Jakarta untuk memprioritaskan pemasangan penerangan jalan umum (PJU) yang sudah dianggarkan untuk permukiman padat penduduk dan komplek-komplek perumahan.
 
"Selain mengganti lampu-lampu penerangan jalan umum (PJU) yang sudah mati, pemasangan lampu harusnya juga diprioritaskan di perumahan padat penduduk yang kurang cahaya," katanya.
 
Terlebih, Ida menjelaskan, peluang terjadinya kejahatan dan kriminalitas salah satunya disebabkan oleh minimnya pencahayaan sehingga menyebabkan terjadinya perbuatan negatif.

Baca juga: Polisi tingkatkan patroli antisipasi pencurian motor oleh sindikat
Baca juga: Polisi imbau warga tingkatkan siskamling untuk cegah aksi curanmor
 
Karena itu, dia meminta Dinas Bina Marga DKI Jakarta untuk memprioritaskan pemasangan lampu penerangan ke lokasi-lokasi gelap di kawasan permukiman tanpa harus diminta terlebih dahulu.
 
“Menurut saya harus diprioritaskan oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta jadi diminta atau tidak diminta, harus prioritas,” tuturnya.
 
Sebelumnya, Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan memasang sebanyak 1.075 lampu penerangan jalan umum (PJU) pada titik-titik jalan arteri maupun kolektor.
 
"Pemasangan PJU akan menyesuaikan dengan trotoar yang akan dibangun tahun ini seperti di Jalan HR Rasuna Said sisi barat, Jalan MT Haryono sisi utara dan Jalan Taman Jati Baru," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo.
 
Menurut dia, PJU yang akan dibangun ditopang tiang setinggi 10 meter dengan dengan jarak antar tiang 30 meter dan daya lampu sebesar 120 watt.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024