Informasi-nya logistik nanti transit dulu di kelurahan.Terkait hal tersebut, kami masih menunggu kepastian teknis dari KPU Sleman
Sleman (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mengawal distribusi logistik Pemilu 2024 hingga sampai ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk memastikan semua kebutuhan saat pemungutan suara dalam kondisi baik dan benar.

"Dalam pengawasan distribusi logistik sampai ke TPS nanti kami akan melibatkan personel Panwas Kecamatan, Panwas Kelurahan dan Pengawas TPS untuk memastikan semua dapat terdistribusi dengan baik dan benar," kata Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Kabupaten Sleman Ahmad Sidiq Wiratama di Sleman, Selasa.

Menurut dia, di Sleman terdapat 3.457 TPS dengan 45 TPS lokasi khusus dan jumlah DPT 849.062, dan semuanya akan dilakukan pengawasan.

"Saat ini sedang proses 'setting' dan 'packing' logistik di Gudang KPU Sleman," ucapnya.

Ia mengatakan, dalam proses distribusi logistik ke TPS tersebut, logistik akan transit terlebih dahulu di kantor kelurahan sebelum didistribusikan ke TPS.

Baca juga: KPU: Semua hambatan distribusi logistik dapat tertangani dengan baik

Baca juga: Bupati optimistis distribusi logistik Pemilu 2024 di Maybrat lancar


"Informasi-nya logistik nanti transit dulu di kelurahan.Terkait hal tersebut, kami masih menunggu kepastian teknis dari KPU Sleman," tuturnya.

Ahmad Sidiq mengatakan, sebelumnya, Bawaslu Sleman juga telah melakukan pengawasan pengiriman logistik dari penyedia ke Gudang KPU Sleman dan proses sortir lipat surat suara.

"Untuk sortir lipat surat suara, ditemukan beberapa surat suara yang rusak, namun sekarang sudah diganti oleh penyedia," ujarnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman Arjuna Al Ichsan Siregar mengatakan, pengawasan tersebut dilakukan untuk memastikan saat pelaksanaan pemungutan suara nanti tidak terjadi permasalahan berarti di seluruh TPS.

"Logistik Pemilu 2024 menjadi perhatian Bawaslu Sleman terutama terkait apakah sudah sesuai aturan atau belum dalam proses pengadaan dan distribusi-nya. Kami akan terus mengawal distribusi logistik ini hingga nanti distribusi di seluruh TPS yang ada di Sleman," imbuhnya.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024