Wilayah kerja kami meliputi Kota dan Kabupaten Cirebon, Majalengka serta Kuningan
Cirebon (ANTARA) -
Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon, Jawa Barat, menyalurkan bantuan pangan beras tahap pertama tahun 2024 dengan alokasi sekitar 6.000 ton per bulan untuk seluruh keluarga penerima manfaat (KPM) yang berada di wilayah kerjanya.
 
"Wilayah kerja kami meliputi Kota dan Kabupaten Cirebon, Majalengka serta Kuningan," kata Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon Imam Firdaus Jamal saat ditemui di Cirebon, Selasa.
 
Ia memastikan distribusi bantuan pangan tahap pertama dimulai untuk tiga bulan alokasi, dari Januari sampai Maret 2024 yang diberikan kepada KPM secara menyeluruh dan tepat sasaran.
 
"Kemudian penyaluran tahap kedua bantuan pangan beras untuk tiga bulan alokasi berikutnya disalurkan pada April hingga Juni 2024," ujarnya.
 
Dari jumlah 6.000 ton beras, kata dia, Bulog telah mengalokasikan bahan pangan itu untuk masing-masing kota dan kabupaten di wilayah kerjanya.

Baca juga: Bulog Cirebon salurkan 26 ribu ton beras SPHP hingga November

Baca juga: DKP3 Kota Cirebon jamin kualitas beras siap disalurkan ke 39.123 KPM

 
Rincian alokasi itu yakni Kabupaten Cirebon sebanyak 2.800 ton, Kuningan sekitar 1.232 ton, Majalengka kurang lebih 1.700 ton dan Kota Cirebon disediakan 388 ton.
 
Imam menyebut bantuan pangan beras merupakan kebijakan pemerintah pusat, khususnya untuk membantu warga yang membutuhkan sekaligus sebagai upaya stabilisasi harga beras di pasaran.
 
"Untuk Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon, bantuan pangan yang ditugaskan dari Badan Pangan Nasional setiap KPM per bulan alokasinya mendapatkan 10 kg beras dari cadangan beras pemerintah," jelasnya.
 
Ia menjamin proses penyaluran bantuan itu berjalan optimal sehingga masyarakat yang terdata sebagai penerima bisa terbantu dengan adanya program tersebut.
 
"Kami pastikan untuk wilayah kerja kami, kita akan memberikan pelayanan sebaik mungkin terkait kualitas atau keluhan lain," ucap dia.
 
Sebelumnya, Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon telah menyalurkan 42.192 ton beras untuk program bantuan pangan yang didistribusikan selama Maret hingga Oktober 2023.
 
Selain program tersebut, Bulog Cirebon secara rutin menyalurkan beras SPHP selama 2023 dengan realisasi sebanyak 35.937 ton.

Baca juga: Bulog Cirebon: Bantuan beras tahap kedua tersalurkan 100 persen

Baca juga: Bulog salurkan bantuan beras untuk 36 ribu penerima di Kota Cirebon

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024