Bantuan pangan beras dinilai efektif terhadap pengendalian inflasi nasional dan mendukung penstabilan harga beras agar tidak semakin menjulang di tingkat konsumen.
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional (Bapanas) Sarwo Edhy meninjau stok dan penyaluran beras program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) hingga bantuan pangan di gudang Bulog Cirebon, Jawa Barat, dalam upaya menstabilkan harga di pasaran menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Dalam keterangan di Jakarta, Kamis, Sarwo Edhy mengatakan bahwa ketersediaan pasokan beras menjadi langkah efektif dalam pengendalian inflasi nasional dan mendukung penstabilan harga beras agar tidak semakin meningkat di tingkat konsumen.

“Bantuan pangan beras dinilai efektif terhadap pengendalian inflasi nasional dan mendukung penstabilan harga beras agar tidak semakin menjulang di tingkat konsumen,” kata Sarwo.

Baca juga: Kepala Bapanas: Harga beras akan terkoreksi jelang panen raya

Sarwo dalam kunjungan kerja didampingi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat Mohamad Arifin Soedjayana, dan Pimpinan Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon Imam Firdaus Jamal.

Hingga Februari 2024, kata Sarwo, Bulog Cabang Cirebon telah melakukan realisasi penyaluran bantuan pangan sebesar 8.519.410 kg atau 46,34 persen dari total 18.386.250 kg untuk empat wilayah penyaluran yaitu Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu, dan Kota Cirebon.

Menurut Sarwo penyaluran beras secara optimal melalui Bulog merupakan instrumen kebijakan pemerintah yang terus dilaksanakan secara berkesinambungan untuk menjaga stabilitas harga beras di pasaran.

“Kami mengapresiasi upaya Bulog dalam penyaluran bantuan pangan beras yang merupakan bantalan ekonomi bagi masyarakat berpendapatan rendah menjadi instrumen kebijakan pemerintah yang terus dilaksanakan secara berkesinambungan,” ucap Sarwo.

Baca juga: Bapanas pastikan stok beras aman hingga Ramadhan

Sementara itu, Pimpinan Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon Imam Firdaus Jamal menjelaskan bahwa pihaknya juga melakukan penyaluran beras SPHP yang berasal dari cadangan beras pemerintah (CBP) untuk menjaga stabilisasi pasokan pangan.

Imam menyebut pihaknya telah melakukan realisasi penyaluran beras SPHP dari Januari hingga Februari 2024 sebanyak 7.823.155 kg. “Total stok di seluruh gudang Bulog Cirebon hingga saat ini mencapai 11.196.560 kg,” kata Imam.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024