Pekanbaru (ANTARA) - Pilot pesawat tempur Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin dari Skadron Udara 12 dan Skadron Udara 16 Wing Udara 6 menggelar latihan terbang malam selama sepekan ke depan.

Latihan ini merupakan program yang disusun Lanud Rsn dalam meningkatkan profesionalitas para penerbang tempur, yang berasal dari Hawk 100/200 dan penerbang F-16.

"Latihan terbang malam ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan para penerbang TNI AU, khususnya di Lanud Roesmin Nurjadin," kata Komandan Lanud Rsn, Marsma TNI Feri Yunaldi, S.E., M.Han, dalam keterangannya di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Feri sejumlah program yang dilaksanakan di antaranya program transisi, konversi, upgrading wingman untuk meningkatkan kualifikasi serta program instructor pilot course.

Baca juga: Ikut Latgabut, ratusan peterjun TNI AD terbang di langit Lombok Tengah

Baca juga: Prajurit TNI AU latihan terbang dengan Sukhoi di lokasi F8 Makassar


"Jika sewaktu-waktu ada perintah untuk melaksanakan operasi pada malam hari maka para pilot tempur Lanud Rsn sudah siap melaksanakannya," katanya.

Selain itu latihan terbang malam hari katanya lagi merupakan program latihan yang dilaksanakan tiap sortie berbeda beda.

"Program latihan yang berbeda dimulai dari instrumen flight, pattern flight, sampai dengan simulasi penembakan udara ke darat di malam hari," demikian Feri.*

Baca juga: Tujuh F-16 TNI AU latihan terbang formasi di langit Pekanbaru

Baca juga: F-16 TNI AU latihan rutin sambil pantau kebakaran hutan Riau

Pewarta: Frislidia
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024