Kita juga memiliki tradisi babarit dan pacuan kuda yang digelar selama perayaan Hari Jadi Kuningan. Selanjutnya ada tradisi kawin cai sampai balap sepeda dalam ajang Tour de Linggarjati,
Kuningan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan, Jawa Barat, menyusun 23 agenda festival pariwisata selama 2024 untuk menarik wisatawan datang ke kabupaten itu sehingga kunjungan turis semakin meningkat.
 
“Agenda wisata di Kuningan kita gelar dengan meriah tahun ini. Kegiatan ini untuk mengundang wisatawan untuk datang ke Kuningan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kuningan Elon Carlan saat dikonfirmasi di Kuningan, Selasa.
 
 
Elon mengatakan rangkaian agenda festival itu terdiri dari beberapa ajang yang sudah rutin digelar di Kuningan, maupun baru dilaksanakan pada tahun ini.
 
 
Salah satu agenda terdekat misalnya Festival Durian pada 24 Februari 2024 di Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kuningan, yang mengajak wisatawan untuk menikmati dan mencicipi berbagai olahan dari buah durian.
 
 
Kemudian, kata dia, pada Juni 2024 terdapat acara pariwisata yang mengusung tema soal keunikan dan karakteristik Gunung Ciremai.
 
 
“Kita juga memiliki tradisi babarit dan pacuan kuda yang digelar selama perayaan Hari Jadi Kuningan. Selanjutnya ada tradisi kawin cai sampai balap sepeda dalam ajang Tour de Linggarjati,” ujarnya.
 
 
Ia memastikan semua agenda pariwisata itu dikemas semenarik dan semeriah mungkin, sehingga para turis khususnya dari luar daerah tertarik mengikuti festival tersebut.
 
 
Selain menambah wisatawan baru, menurut dia, dengan adanya ajang festival ini turis yang sudah berkunjung sebelumnya akan kembali lagi untuk berwisata di Kuningan.
 
 
Elon menilai bahwa ciri khas sektor pariwisata di Kabupaten Kuningan tidak hanya terletak pada destinasi alamnya namun juga memiliki daya tarik di bidang atraksi budaya.
 
 
“Itu semua bisa dilihat dari kunjungan wisata di Kuningan. Sampai akhir Desember 2023 menyentuh angka 2,4 juta wisatawan atau lebih tinggi dari target 2 juta kunjungan,” katanya.
 
 
Sementara itu Penjabat Bupati Kuningan Iip Hidajat mengatakan pihaknya baru-baru ini telah meluncurkan slogan baru untuk sarana promosi wisata daerahnya.
 
 
“Kami memiliki slogan baru yakni Kuningan Beu, Endless Excitement. Tagline ini mencerminkan kehangatan dan keramahan dari warga Kuningan,” katanya.
 
 
Iip menekankan peluncuran slogan itu harus menjadi motivasi bagi pelaku sektor pariwisata di Kuningan, untuk lebih kreatif dan inovatif lagi dalam mengembangkan potensi destinasi yang ada.
 
 
Melalui slogan itu, dia juga berharap pariwisata Kuningan bisa lebih dikenal khalayak luas sehingga kunjungan wisata bisa bertambah pada 2024.
 
 
“Peluncuran agenda wisata merupakan salah satu upaya kami untuk menyukseskan slogan wisata Beu Kuningan,” ucap dia.

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024