Jakarta (ANTARA) - Turnamen One Pride MMA (Mixed Martial Art) 2024 direncanakan akan digelar di enam kota di antaranya Jakarta, Bali, Kediri, Bandung, Yogyakarta dan Semarang.

One Pride MMA King Size New bakal digelar secara perdana di Hall A Basket Gelora Bung Karno Jakarta, pada Sabtu (3/2). Pergelaran ini menghadirkan dua laga titel fight atau perebutan sabuk juara dari 19 laga yang disajikan.

"Kami ingin menciptakan bintang. Kami ingin petarung-petarung Indonesia ini menjadi bintang, di awalnya masih banyak mengira olahraga ini olahraga keras dan kelas bawah. Namun kenyataannya saya melihat di luar negeri, Singapura dan Amerika Serikat, petarung-petarung Indonesia ini sangat diidolakan," kata CEO One Pride MMA Fransino Tirta dalam konferensi pers yang berlangsung di Jakarta, Rabu.

One Pride MMA King Size New akan menghadirkan dua laga titel fight atau perebutan sabuk juara dari 19 laga yang disajikan. Salah satu partai main event adalah perebutan Juara Nasional di kelas flyweight 56,7kg menghadirkan duel antara Suwardi melawan Irfan Aruan.

Selain itu, ada Yudi Cahyadi menghadapi Firman Muharram sebagai main event dalam perburuan Juara Nasional di kelas bulu (featherweight 65,8kg). Selain itu, Laode Abdul Haris akan menghadapi Lamhot Tambunan di kelas bulu.

Ke depannya Komite Olahraga Bela Diri Indonesia (KOBI) berharap One Pride MMA bukan hanya menjadi wadah bagi petarung Indonesia namun juga dijadikan batu loncatan untuk merambah ke gelaran internasional. Untuk itu Ketua Umum KOBI Ardiansyah Bakrie mengatakan saat ini pihaknya menjalin kerjasama dengan promotor-promotor asing.

"KOBI akan terus menjalin kerja sama dengan promotor-promotor asing sehingga tidak hanya menjadi wadah di lokal tapi para petarung ini bisa bertarung di tingkat internasional. Selain itu kami di KOBI mempunyai kerjasama dengan Mola dan One Pride untuk mengirimkan lima petarung kami untuk berlatih di MMA Fight Academy di San Diego (Amerika Serikat)," kata Ketua Umum KOBI Ardiansyah Bakrie.

Selain itu One Pride MMA juga telah menjalin kerja sama dengan UFC Performance Institute untuk mengembangkan atlet lewat pemusatan latihan MMA yang berada di Las Vegas, Amerika Serikat.

"Kami memberangkatkan fighter-fighter kita bertarung di China juga sebaliknya fighter-fighter China bertarung di Indonesia pada event nantinya di Bali. itu merupakan rencana kita tahun ini dan mudah-mudahan akan semakin banyak dari fighter kita semakin berkembang dan menembus kancah internasional," kata Ketua Umum KOBI Ardiansyah Bakrie.

Baca juga: One Pride bekerja sama dengan promotor China gelar ajang internasional
Baca juga: One Pride MMA 2024 diharapkan cetak banyak atlet Tanah Air

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024