Pesisir Barat (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat, Lampung memprioritaskan pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke Kecamatan Bengkunat.

Ketua KPU Pesisir Barat, Marlini, di Krui, Sabtu mengatakan pihaknya akan memprioritaskan pendistribusian logistik ke Kecamatan Bengkunat karena daerah tersebut terdapat 17 tempat pemungutan suara (tps) yang sulit untuk dijangkau.

"Pendistribusian logistik kita utamakan di daerah yang susah dijangkau seperti Kecamatan Bengkunat kita akan distribusikan pada tanggal 10 Februari 2024 sedangkan kecamatan lain yang ada di Pesisir Barat pada tanggal 11 Februari 2024," kata dia.

Ia mengatakan di wilayah Kecamatan Bengkunat terdapat empat desa yang secara geografis sulit dijangkau. Empat desa itu yakni desa Way Haru, Bandar Dalam, Way Tiyas dan Siring Gading.

Ia mengakui, pengiriman logistik ke wilayah itu menggunakan gerobak sapi atau alat transportasi tradisional yang ditarik dengan hewan ternak sapi atau kerbau karena beberapa tps juga lokasinya sulit dijangkau.

Pada Pemilu 2024 rakyat akan memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden, anggota DPD, DPR RI serta DPR Provinsi dan anggota DPRD Kabupaten/Kota.

KPU Pesisir Barat Lampung, terdapat 489 tps yang tersebar di seluruh daerah di Kabupaten setempat pada Pemilu 2024. Jumlah tps pada Pemilu 2024 ini ada penambahan 5 tps dibandingkan dengan Pemilu 2019.

Untuk diketahui, Desa (Pekon) Way Haru, Bandar Dalam, Way Tiyas dan Siring Gading, adalah desa 3T dan akses menuju Pekon tersebut sangat memprihatinkan.

Kondisi jalan menuju empat Desa itu tidak bisa dilalui dengan kendaraan roda empat karena tidak mempunyai akses jalan. Kondisi jalan kering saja banyak warga yang terjatuh dan terperosok ke jurang apa lagi diperparah dengan kondisi saat musim hujan seperti saat ini, jalur akses satu-satunya itu tidak bisa dilalui dengan kendaraan.

Baca juga: KPU Batam jadwalkan distribusikan logistik ke wilayah 3T selama 2 hari

Baca juga: KPU Mimika pastikan distribusi logistik pemilu ke wilayah 3T pada H-7

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024