Surabaya (ANTARA) -
Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Jawa Timur mempersiapkan pola antisipasi terkait kemungkinan adanya petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) mengalami sakit saat bertugas pada 14 Februari 2024.
 
Kepala Dinkes Kota Surabaya Nanik Sukristina menyatakan ada tim yang nantinya bertugas mengecek kondisi kesehatan para petugas KPPS di setiap tempat pemungutan suara (TPS).
 
"Memfasilitasi tim mobile tenaga kesehatan (nakes) untuk memantau petugas TPS," kata Nanik di Surabaya, Sabtu.
 
Dinkes setempat juga mencantumkan nomor pelaporan yang bisa dimanfaatkan selama 24 jam penuh. Layanan tersebut ada di kecamatan dan kelurahan.
 
Tak hanya itu, Nanik menyebut sudah menentukan fasilitas layanan kesehatan untuk menangani KPPS yang mengalami gangguan kesehatan saat melaksanakan tugas pemungutan dan perhitungan suara.
 
"Rujukannya itu tingkat pertama di puskesmas dan tingkat kedua di rumah sakit umum daerah (RSUD)," ujarnya.
 
Olah karena itu, di hari pemungutan suara petugas kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat satu atau puskesmas diminta bersiaga dan memberikan pelayanan maksimal bagi KPPS.

Baca juga: KPU DKI pastikan penuhi hak pencairan uang transportasi anggota KPPS

Baca juga: KPU Jakbar beri bimtek bagi petugas KPPS

Baca juga: Anggota KPPS di Pangandaran dipecat gegara sebut nama capres
 
"Dinkes memfasilitasi dengan mengimbau kepada puskesmas untuk siaga pada hari H pelaksanaan pemilu. Nakesnya terdiri atas dokter dan perawat di setiap puskesmas," kata Nanik.
 
Ia menambahkan sebelum bertugas para tahapan Pemilu 2024, para petugas KPPS terlebih dahulu memeriksakan kesehatan mereka.
 
"Kami melaksanakan proses skrining untuk KPPS," ujarnya.
 
Terpisah, Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, SDM, dan Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Subairi berharap seluruh petugas KPPS dalam kondisi sehat ketika melaksanakan tugasnya.
 
"Mudah-mudahan sehat semua, mohon doanya," ujarnya.
 
Sebanyak 57.169 petugas KPPS di Kota Surabaya sudah menjalani masa pelantikan serentak di sejumlah lokasi pada Kamis (25/1).
 
Puluhan ribu petugas KPPS itu akan bertugas di 8.167 TPS se-Kota Surabaya saat pelaksanaan tahapan pemungutan suara Pemilu 2024.

Baca juga: Legislator minta puskesmas cek kesehatan KPPS sebelum pemilu

Baca juga: KPU RI ingatkan jajaran jangan potong hak petugas KPPS

Baca juga: Pemkot Bandung sediakan suplemen bagi 51.968 KPPS pada Pemilu 2024

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024