Palu (ANTARA) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah bersilaturahim dengan jemaat dan Pengurus Majelis Sinode Gereja Protestan Indonesia Donggala (GPID) dalam rangka memperkuat kerukunan antar-agama.
 
Silaturahim antara pengurus FKUB Sulteng dengan pendeta dan jemaat serta pengurus GPID berlangsung di Kantor GPID, di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu.
 
Silaturahim dan dialog yang mengangkat tema "Penguatan Moderasi Beragama untuk Sulteng yang Harmonis" dihadiri oleh Ketua FKUB Provinsi Sulteng Prof KH Zainal Abidin dan Ketua Umum Sinode GPID Pendeta Dr Alexsander Zeth Rondonuwu.

Baca juga: Ketua: FKUB Sulteng tidak berafiliasi dengan peserta pemilu
 
Ketua FKUB Sulteng Prof KH Zainal Abidin mengemukakan bahwa silaturahim bertujuan untuk membangun keakraban, hubungan emosional dan hubungan antar-sesama umat beragama agar saling kenal dan mengenal.
 
"Dalam silaturahim ini kita lanjutkan dengan dialog tentang moderasi beragama," kata Zainal Abidin.
 
Ia mengatakan tidak ada kedamaian tanpa kerukunan dan tidak ada kerukunan tanpa toleransi. Oleh karena itu, untuk membangun pemahaman umat beragama yang moderat, moderasi beragama menjadi pendekatan yang dapat membuka dan meningkatkan wawasan umat beragama agar bisa bertoleransi dengan pemeluk agama lain.
 
Moderasi beragama bukanlah moderasi agama, sebab moderasi beragama berada pada tataran sosiologis yang dalam wilayah praktik keberagamaan di kehidupan sosial kemasyarakatan dan menjalin hubungan sosial dengan orang lain.
 
Sedangkan pada tataran teologis, katanya, setiap orang berhak, bahkan seharusnya meyakini kebenaran agamanya, tetapi pada saat yang sama dalam tataran sosiologis harus memahami bahwa orang lain juga memiliki keyakinan terhadap ajaran agama mereka.

Baca juga: FKUB Sulteng ajak umat beragama bekerja sama kurangi kesenjangan

Baca juga: FKUB Sulteng kenalkan moderasi beragama kepada pelajar di empat daerah
 
Sekretaris FKUB Provinsi Sulteng Dr Munif A Godal mengatakan silaturahim dengan GPID merupakan program prioritas FKUB. "Selain GPID, FKUB juga akan bersilaturahim atau mengunjungi pimpinan dan tokoh - tokoh agama dari Budha, Hindu, Katolik, serta organisasi keagamaan lainnya," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua Umum Majelis Sinode GPID Pendeta Drr Alexsander Zeth Rondonuwu menyambut baik kunjungan silaturahim pengurus FKUB Sulteng.
 
Ia menilai kunjungan tersebut dapat membangun citra positif dan hubungan baik sesama tokoh umat beragama, khususnya antara GPID dengan tokoh agama yang tergabung dalam FKUB Sulteng.
Ketua FKUB Sulteng Profesor Kiai Haji berfoto bersama dengan pengurus Majelis Sinode Gereja Protestan Indonesia Donggala (GPID) di Palu, Sabtu (3/1/2024). (ANTARA/HO-Dokumentasi FKUB Sulteng)

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024