Buku tersebut berisi 17 ringkasan kebijakan yang ditulis oleh diaspora Indonesia dan para alumni perguruan tinggi dengan latar belakang keahlian yang beragam.
Jakarta (ANTARA) - Alumni Connect Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia meluncurkan buku yang memuat rekomendasi kebijakan dari alumni pelajar Indonesia di seluruh dunia sebagai kontribusi untuk perencanaan masa depan Indonesia.

Menurut keterangan tertulis PPI Dunia yang diterima di Jakarta, Sabtu, buku berjudul “Inspirasi Global: Kumpulan Rekomendasi Kebijakan untuk Indonesia 2024-2029” tersebut diluncurkan Jumat (2/2) di Jakarta.

Buku tersebut diluncurkan dalam acara “Serap Aspirasi Diaspora Indonesia” yang diadakan oleh Alumni Connect PPI Dunia sebagai platform bagi diaspora Indonesia untuk menyampaikan aspirasi dan mencari pemahaman lebih dalam mengenai visi dan misi para pasangan capres-cawapres Pemilu 2024.

“Tentu forum diskusi ini sangatlah terbatas, namun sebagai bentuk kontribusi nyata kami sebagai Diaspora Indonesia maupun alumni perguruan tinggi luar negeri, kami persembahkan buku Inspirasi Global ini,” kata Muhammad Ruhiyat Haririe, Ketua Pokja Policy Brief Alumni Connect PPI Dunia.

Haririe berharap buku tersebut bisa memberikan ide-ide konkret untuk para pemangku kepentingan, khususnya pada pasangan capres-cawapres, dalam menyusun peta jalan pembangunan Indonesia ke depannya.

Buku tersebut berisi 17 ringkasan kebijakan yang ditulis oleh diaspora Indonesia dan para alumni perguruan tinggi dengan latar belakang keahlian yang beragam.

Buku itu terdiri dari tiga topik yaitu transformasi pendidikan Indonesia menuju lahirnya sumber daya manusia Indonesia yang unggul; masa depan lingkungan, sumber daya alam, dan pembangunan Indonesia; yang terakhir, perlindungan, transformasi pemerintahan dan hubungan internasional.

Acara “Serap Aspirasi Diaspora Indonesia” tersebut dihadiri luring oleh 60 peserta dan secara daring oleh 189 diaspora Indonesia di berbagai negara.

Acara itu juga dihadiri oleh perwakilan Tim Nasional Pemenangan Anies-Imin Usamah Abdul Azia, Wakil Komandan Kompi A TKN Prabowo-Gibran Fritz Edward Siregar dan Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud Bagas Adhadirga.

Mereka hadir dalam acara tersebut untuk memberikan pandangan mengenai hubungan para capres-cawapres dengan diaspora Indonesia terutama dalam konteks pendidikan dan pengalaman luar negeri.

Acara tersebut diharapkan menjadi forum bagi diaspora Indonesia untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai visi dan program kerja ketiga pasangan capres-cawapres terkait pemanfaatan potensi diaspora dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Hungaria jadi tuan rumah Simposium Internasional XVI PPI Dunia
Baca juga: Alumni Connect PPI Dunia sepakat bentuk wadah alumni pelajar


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024