Jakarta (ANTARA) - PT Pos Indonesia bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menerbitkan prangko Tahun Naga Kayu 2575 untuk menyambut tahun kemakmuran yang dipercaya oleh masyarakat Tionghoa akan dialami di tahun 2024.

"Tahun 2024 menurut penanggalan Tionghoa adalah Tahun Naga Kayu 2575 yang merupakan tahun kemakmuran dan pertumbuhan," kata Manajer Layanan Pelanggan dan Pemasaran Sri Emelda dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Ia menjelaskan, prangko Tahun Naga Kayu 2575 telah terbit sejak 2 Februari 2024 dan terdiri atas sampul hari pertama (SHP), prangko mini sheet dan prangko full sheet.

Adapun penerbitan prangko ini juga merupakan apresiasi dari budaya penanggalan tradisional Tionghoa dan beberapa budaya Asia Timur lainnya, atau yang biasa dikenal sebagai shio.

"Tahun ini diprediksi akan menjadi tahun yang penuh kemakmuran dan pertumbuhan bagi semua orang, termasuk bagi mereka yang ber-shio Naga. Naga adalah simbol kekuatan, kekuasaan, dan keberuntungan," ucap Sri.

Baca juga: Pos Indonesia pastikan kecepatan-ketepatan distribusi bantuan CBP

Baca juga: Warga diminta waspada penipuan phising mengatasnamakan Pos Indonesia


Sedangkan kayu, menurut kepercayaan Tionghoa, adalah simbol kesuburan, pertumbuhan, dan kreativitas.

"Perpaduan antara naga dan kayu menciptakan tahun yang penuh potensi dan peluang. Bagi orang-orang yang ber-shio naga, tahun ini akan menjadi tahun yang sangat baik untuk mencapai kesuksesan," tuturnya.

Shio mengacu pada 12 binatang yang melambangkan tahun-tahun dalam siklus 12 tahunan. Setiap tahun diwakili oleh satu dari 12 shio yang disusun secara berurutan, mulai dari tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi.

Setiap shio memiliki karakteristik khusus, keberuntungan, dan sifat-sifat tertentu yang diyakini memengaruhi seseorang yang lahir dalam tahun tertentu. Selain itu, shio juga dapat dihubungkan dengan unsur-unsur alam (kayu, api, tanah, logam, dan air) yang memberikan dimensi tambahan dalam interpretasi keberuntungan dan kepribadian seseorang.

Sri menambahkan, orang-orang yang ber-shio naga juga diyakini akan memiliki energi dan semangat yang kuat untuk mengejar impian mereka, serta mendapatkan dukungan dari orang-orang sekitar.

"Secara umum, Tahun Naga Kayu 2575 akan menjadi tahun yang positif bagi semua orang. Ini adalah waktu yang tepat untuk memulai proyek baru, berinvestasi, dan mengembangkan diri, tetapi tentu saja, ramalan ini hanya gambaran umum, setiap orang akan mengalami tahun ini dengan cara yang berbeda-beda, tetapi secara umum, tahun ini akan menjadi tahun yang positif bagi semua orang," ujar Sri.

Baca juga: Jenama olahraga luncurkan koleksi pakaian edisi Tahun Baru Imlek

Baca juga: Kadin Komite Tiongkok gelar syukuran sambut Tahun Baru Naga Kayu

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024