Gorontalo (ANTARA) - Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Legowo W. R. Jatmiko meresmikan program Manunggal Air TNI Angkatan Darat (AD) di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, pada Selasa.

Program tersebut berada di Desa Pontolo Kecamatan Kwandang.

Pangdam didampingi Kabinda Gorontalo Khairul Amir, Danrem 133 Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono, Sekretaris Daerah Pemkab Gorontalo Utara Suleman Lakoro, Kepala BWS Sulawesi II Gorontalo Parlinggoman Simanungkalit, Wakapolres Gorontalo Utara Kompol Lesman Katili, dan sejumlah petinggi TNI AD lainnya.

Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Legowo W. R. Jatmiko mengatakan peresmian tersebut dilakukan serentak dipimpin Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang digelar melalui video conference.

Sebagaimana penyampaian Kasad, pihaknya berharap kata Pangdam, seluruh jajaran TNI AD bersama masyarakat dapat bersahabat dan mencintai alam. Sebab alam menjadi dokter bagi kita, yang telah memberikan kehidupan.

Kasad pun kata Pangdam, menekankan seluruh masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian sumber air bersih.

Baca juga: Kodam Udayana bersama masyarakat tanam pohon menjaga alam 

"Saya sendiri memilih Dusun Dungalio untuk menyelenggarakan kegiatan manunggal air, karena di sini sama dengan wilayah di Nusa Tenggara Timur tempat dulu saya bertugas. Dusun di Desa Pontolo ini memiliki tanah yang subur dan cocok untuk mengembangkan sektor pertanian khususnya menanam jagung. Namun terkendala dengan sumber air yang jauh sehingga perlunya disiapkan pompa hidran agar dapat memasok air bersih untuk keperluan harian masyarakat serta pertanian," katanya.

Ia selaku Pangdam XIII Mereka mengaku perlu menyampaikan kepada yang mewakili Bupati Gorontalo Utara bahwa dalam pemeliharaan program Pamsimas, sangat memerlukan tenaga profesional, serta kepedulian masyarakat dalam pemeliharaannya.

"Program ini pun bisa dikerjasamakan dengan Babinsa atau Bhabinkamtibmas untuk merawat infrastruktur yang telah dibangun," katanya.

Ia menjelaskan jika sumber anggaran kegiatan Manunggal Air TNI AD, berasal dari pemerintah sehingga perlunya kesadaran bersama dalam merawatnya.

Sekretaris Daerah Pemkab Gorontalo Utara Suleman Lakoro mengatakan sangat mensyukuri program tersebut. Termasuk mengapresiasi kunjungan kedua kalinya Pangdam XIII di kabupaten ini.

"Program Manunggal Air TNI AD sangat bermanfaat besar bagi pemenuhan air bersih. Kami selaku pemerintah daerah akan melanjutkan-nya melalui program penyediaan air bersih," katanya.

Ia mengatakan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) di daerah itu telah menjangkau 200 titik lokasi.

Pemerintah daerah berharap melalui program ini, dapat terus mendukung program ketersediaan air bersih dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.***

Baca juga: Pangdam: Sebanyak 18.287 pasukan amankan TPS Pemilu di Jatim
Baca juga: Kodam Pattimura rehabilitasi kawasan hutan melalui kegiatan Pramuka 

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024