Dukung Langkah Kementerian PUPR Antisipasi Banjir Rob di Pesisir Teluk Jakarta

Jakarta (ANTARA) - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) tengah mengerjakan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) pada Tahap 6 Paket 4, berlokasi di Kali Dadap, Kabupaten Tangerang dan Kelurahan Kamal Muara, Jakarta Utara. 

Salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dari Kementerian PUPR ini merupakan proyek pembangunan tanggul pantai yang bertujuan untuk menanggulangi banjir rob akibat naiknya permukaan air, juga untuk memberikan perlindungan jangka panjang khususnya bagi masyarakat pesisir yang paling terdampak. 

WIKA yang tergabung dalam konsorsium bersama Hutama Karya KSO dengan porsi WIKA sebesar Rp163,5 Miliar untuk lingkup pembangunan tanggul pengaman pantai di Pesisir Teluk Jakarta sepanjang 2,582 km juga sejumlah rumah pompa yang tersebar pada beberapa wilayah. 

Pompa dengan kekuatan 100 liter/detik dan pompa dengan kekuatan 300 liter/detik dibangun pada kawasan yang mencakup daerah Kecamatan Kosambi, serta dua unit pompa dengan kekuatan 500 liter/detik dibangun untuk cakupan daerah Kecamatan Penjaringan. Pengalaman yang sama pernah dilakukan oleh WIKA pada saat menyelesaikan pembangunan Rumah Pompa Sentiong di Ancol, Jakarta Utara yang memiliki kapasitas 50ribu liter/detik. 

Disamping itu, WIKA turut membangun sejumlah fasilitas untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat pesisir di antaranya dengan membangun Dermaga sebagai akses para nelayan serta ruang landscape yang dapat berfungsi sebagai tempat olahraga maupun sarana prasana lainnya. 

Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito menyampaikan bahwa untuk mendukung tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh Kementerian PUPR, penting untuk memastikan proyek ini dikerjakan dengan kualitas yang optimal dan waktu yang tepat.

Di tengah kondisi WIKA yang saat ini sedang melakukan restrukturisasi dan transformasi, WIKA tetap mengupayakan untuk menyelesaikan seluruh PSN yang diamanahkan kepada WIKA untuk bisa selesai tepat waktu, termasuk salah satunya adalah proyek NCICD. Sehingga, WIKA mengharapkan dukungan dari seluruh stakeholder dan manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat luas. 

Sejalan dengan itu, pembangunan proyek ini juga melibatkan dukungan WIKA Beton sebagai entitas anak untuk memasok hingga melakukan pemancangan tiang spun pile. Dalam proses pemancangannya, WIKA Beton menggunakan teknologi inner bore, yang menjadikan prosesnya menjadi lebih ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara, polusi suara, dan minim getaran.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024