Bandung (ANTARA) - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyediakan kuota penerimaan mahasiswa baru sebanyak 11.181 kursi yang tersebar di sembilan fakultas dan 103 program studi untuk S1 maupun D4.

"Kuota pada 2024 sedikit bertambah dari 2023, sebanyak 11.134 mahasiswa,” kata Kepala Divisi Rekrutmen Mahasiswa Baru Direktorat Pendidikan UPI Ahmad Mudzakir di Bandung, Rabu.

Ahmad menyampaikan bahwa penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024 menggunakan tiga jalur seleksi.

Baca juga: ITB, Unpad dan UPI gelar SBMPTN CBT bersama hari ini

Ketiganya adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) minimal 20 persen, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) minimal 40 persen, dan Seleksi Masuk UPI (SM UPI) maksimal 30 persen.

“Jumlah kuota jalur SNBP sebanyak 3.363, kuota jalur SNBT 5.055 dan kuota jalur seleksi mandiri sebanyak 2.763 orang,” kata dia.

Dia mengatakan proses penerimaan mahasiswa baru SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kemendikbudristek.

“Ketentuan seleksi melalui Jalur SNBP di UPI dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan nonakademik,” kata Ahmad.

Sedangkan ketentuan seleksi melalui jalur SNBT di UPI diikuti oleh peserta yang terlebih dahulu mendaftar dan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

“Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK 2024 sebanyak satu kali dan hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan di PTN tahun 2024 saja,” katanya.

Baca juga: Guru Besar UPI ingatkan pentingnya standar nasional sistem pendidikan

Baca juga: Guru besar UPI: Hari guru sedunia momentum perbaiki tata kelola


Adapun untuk ketentuan jalur seleksi mandiri di UPI didasarkan pada hasil tes Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Mandiri, baik untuk seleksi mandiri reguler maupun seleksi mandiri prestasi istimewa.

“Sejak tahun lalu murni menggunakan tes. Jadi, kita tidak menggunakan lagi nilai UTBK SNBT, tapi murni menggunakan UTBK SM-nya UPI,” kata dia.

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024