Ini perkiraan yang optimis dari kami, karena kami ingin mempercepat dan memperbanyak penyelesaian proyek-proyek PSN.
Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo mengatakan bahwa pemerintah menargetkan sebanyak 41 proyek strategis nasional (PSN) bisa selesai pada tahun 2024.

"Ini perkiraan yang optimis dari kami, karena kami ingin mempercepat dan memperbanyak penyelesaian proyek-proyek PSN. Sehingga ini yang kita hasilkan," kata Wahyu dalam media briefing, di Jakarta, Rabu.

Sebanyak 31 proyek ditargetkan selesai pada 20 Oktober 2024 atau pada akhir masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi). PSN tersebut terdiri dari 3 proyek di sektor jalan tol, 3 proyek di sektor transportasi, 14 proyek di sektor bendungan, 1 proyek di sektor energi, dan 11 proyek di sektor kawasan.

Sementara sisanya, sebanyak 10 proyek ditargetkan rampung hingga Desember 2024. Sepuluh PSN tersebut, antara lain 1 proyek di sektor transportasi serta 9 proyek di sektor bendungan dan irigasi.

Adapun total nilai investasi 41 proyek yang ditargetkan selesai tahun ini mencapai angka sekitar Rp500 triliun.

Menurut data dari Kemenko Perekonomian, pembangunan Kawasan Industri Bantaeng di Sulawesi Selatan memiliki nilai investasi tertinggi di antara PSN lainnya, yakni diperkirakan sebesar Rp155 triliun. Pembangunan PSN tersebut ditargetkan rampung di semester I-2024.

"Kemudian prioritasnya (PSN) mana? Saya tidak lihat prioritasnya yang mana. Ya, inilah semua prioritas (41 PSN). Karena ini kan proyek-proyek yang dituntaskan oleh Bapak Presiden, sehingga kami akan coba upayakan ini semua selesai," kata Wahyu.

Wahyu mengungkapkan sebanyak 190 PSN telah rampung sepanjang periode 2016 hingga Desember 2023, dengan total nilai mencapai Rp1.515,4 triliun. Khusus tahun 2023, pemerintah sudah menyelesaikan 37 proyek. Selain itu, terdapat 80 PSN dalam tahap konstruksi atau beroperasi sebagian.

Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan Kemenko Perekonomian Suroto menambahkan bahwa terdapat 12 proyek yang dikeluarkan dari daftar PSN.

Hal itu dilakukan, mengingat proyek-proyek dimaksud diperkirakan belum berprogres hingga semester II-2024. Meski demikian, 12 proyek tersebut tetap dilanjutkan dengan menggunakan skema program reguler.

"Berdasarkan Permenko No. 8 Tahun 2023, memang ada 12 PSN yang dikeluarkan dari daftar PSN. Salah satunya adalah pembangunan Pelabuhan Ambon Baru," kata Suroto.
Baca juga: Kemenko Perekonomian: Sebanyak 190 PSN selesai hingga Desember 2023
Baca juga: Kemenko Perekonomian: PSN serap 2,71 juta tenaga kerja pada 2016-2023

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024