Damri memiliki peran penting dalam menyediakan layanan yang terbaik untuk memudahkan perjalanan bagi masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum (Perum) Damri mendukung aksesibilitas perjalanan wisatawan di Sumatera Utara (Sumut) melalui angkutan kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) yang tersedia di tiga perjalanan dengan biaya terjangkau.

Corporate Secretary Damri Chrystian RM Pohan mengatakan bahwa Damri berupaya menghubungkan wisatawan Nusantara maupun mancanegara yang ingin mengunjungi Sumut dengan berbagai destinasi wisata.

"Damri memiliki peran penting dalam menyediakan layanan yang terbaik untuk memudahkan perjalanan bagi masyarakat," kata dia dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Damri mencatat terdapat rute favorit, yaitu Pelabuhan Ajibata-Bandara Silangit dengan total penumpang periode Januari-Desember 2023 mencapai 1.911 orang.

Damri menyatakan angka tersebut menjadi dorongan bagi perusahaan menarik perhatian masyarakat untuk berwisata di Sumut melalui penyediaan alternatif rute menuju KSPN serta moda yang prima, aman, dan nyaman.

Damri juga menyebut Pantai Pasir Putih Parparean menjadi salah satu destinasi yang populer di dekat Danau Toba dan selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah untuk berwisata alam.

"Daya tarik destinasi ini adalah pasir putih halus yang luas terhampar indah. Terlebih lokasinya yang berada dekat Samosir dan terpampang pemandangan perbukitan Gunung Toba yang mengagumkan membuat destinasi Pantai Pasir Putih Parparean menjadi istimewa," ucap Pohan.

Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi destinasi favorit lainnya di Sumut, di antaranya Pasir Putih Lumban Bulbul, Birmingham Small Arms (BSA) Sidecar Monument, dan Tuan Nagani Paradise.

"Damri berharap tersedianya rute ini angkutan KSPN dapat menstimulus volume wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk berkunjung sehingga dapat membantu pemerintah daerah dari segi sektor pariwisata dan ekonomi," ucap Pohan.

Berikut jadwal operasional angkutan KSPN di Sumut.

Pertama, Pelabuhan Ajibata-Bandara Silangit dengan tarif Rp9.600. Keberangkatan dari Pelabuhan Ajibata pukul 06.00 WIB, 11.00 WIB, dan 16.00 WIB. Sedangkan, keberangkatan dari Bandara Silangit pukul 08.30 WIB, 13.30 WIB, dan 18.30 WIB.

Kedua, Pelabuhan Ajibata-Pematangsiantar dengan tarif Rp6.100. Keberangkatan dari Pelabuhan Ajibata pukul 06.00 WIB, 10.00 WIB, dan 14.00 WIB. Sementara, keberangkatan dari Pematangsiantar pukul 08.00 WIB, 12.00 WIB, dan 16.00 WIB.

Ketiga, Pakkat-Bandara Silangit dengan tarif Rp9.700. Keberangkatan dari Pakkat pukul 06.00 WIB dan 13.30 WIB. Sedangkan, keberangkatan dari Bandara Silangit pukul 09.30 WIB dan 17.30 WIB.

Baca juga: DAMRI catat penumpang libur Natal dan Tahun Baru 2024 meningkat 
Baca juga: Damri mulai operasikan bus listrik di Bandung
Baca juga: Damri kembali layani rute Pontianak - Ketapang

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024