Kami akan terus berupaya untuk mempertahankannya
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali meraih penghargaan laporan keuangan terbaik dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan capaian standar tertinggi dalam akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden Boediono kepada Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Alex SW Retraubun di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/9).

Wamenperin menyebutkan penghargaan ini adalah kali ke-lima sejak tahun 2008 atas dasar prestasi mampu mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Keberhasilan tersebut sebagai wujud komitmen yang kuat dari jajaran pimpinan, didukung SDM berkualitas dan sistem manajemen keuangan yang semakin baik serta penjaminan mutu (quality assurance) yang dilakukan pengawas internal.

"Kami akan terus berupaya untuk mempertahankannya, karena penghargaan ini dapat memotivasi jajaran Kemenperin dalam menyusun laporan keuangan sesuai kaidah-kaidah akuntansi yang dipersyaratkan. Di samping itu, penghargaan ini juga menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan tata kelola anggaran, Kemenperin telah mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku," tegas Wamenperin.


Berdasarkan data Kementerian Keuangan tahun 2012, sebanyak 69 Kementerian Negara/Lembaga yang mendapat opini WTP atau meningkat jika dibandingkan tahun 2011 yang baru 67 Kementerian Negara/Lembaga.

Pewarta: Ella Syafputri
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013