Nanti tiap puskesmas tetap akan membuka Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk memberi layanan darurat. Tapi kalau poli lain tidak buka
Manokwari (ANTARA) - Seluruh puskesmas di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, disiagakan saat hari pencoblosan pemilu serentak pada tanggal 14 Februari 2024.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Marthen Rantetampang di Manokwari, Kamis, mengatakan hal itu untuk mengantisipasi jika ada keadaan darurat yang membutuhkan penanganan medis.

"Nanti tiap puskesmas tetap akan membuka Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk memberi layanan darurat. Tapi kalau poli lain tidak buka," katanya.

Ia mengatakan nantinya 3-4 tenaga kesehatan (nakes) bersiaga pada IGD di tiap-tiap puskesmas. Nakes tersebut terdiri dari perawat, bidan, apoteker, tenaga laboratorium, dan dokter.

Baca juga: Kemenkes siagakan operasional puskesmas 24 jam saat pemungutan suara

"Nanti kita atur lagi jadwal petugas. Mungkin nakes bisa bergantian coblos di pagi harinya dan langsung kembali ke puskesmas untuk memberi pelayanan. Sedangkan dokter bisa status on call, kalau nakes tidak bisa tangani, baru dokter bisa dipanggil," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini Kabupaten Manokwari memiliki 15 puskesmas yang tersebar di sembilan distrik (kecamatan). Seluruh puskesmas tersebut siap mendukung suksesnya Pemilu 2024.

Ia menambahkan sinergisitas Dinkes Manokwari dengan penyelenggara pemilu telah terjalin baik selama ini. Beberapa waktu lalu Dinkes Manokwari juga sudah membantu untuk pemeriksaan kesehatan terhadap 4.711 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Pemeriksaan berkaitan dengan penyakit yang lazim dialami, seperti pemeriksaan tekanan, kolesterol, asam urat, gula darah. Kami sudah fasilitasi sebelum pelantikan KPPS,” katanya.

Baca juga: Kapolda : Situasi Papua Barat kondusif jelang Pemilu 14 Februari 2024
Baca juga: KPU Manokwari berkomitmen tidak ada PSU pada Pemilu 2024

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024