PLN UID Sumut tidak akan melakukan pemadaman terencana dan tidak menjalankan pemeliharaan pada Pemilu 2024.
Medan (ANTARA) - PT PLN Unit Distribusi Induk (UID) Sumatera Utara (Sumut) siap memenuhi kebutuhan beban puncak listrik sebesar 2.473 megawatt (MW) saat Pemilu 2024 pada 14 Februari.

"Kami memperkirakan beban puncak 2.473 MW saat Pemilu 2024 dengan 'reserve margin' 30 persen atau sekitar 738 MW. Adapun kemampuan pembangkit kami 3.064 MW," ujar Asisten Manajer Komunikasi dan Manajemen Stakeholder PLN UID Sumut Yudhistira, di Medan, Kamis.

Yudhistira pun memastikan bahwa PLN UID Sumut tidak akan melakukan pemadaman terencana dan tidak menjalankan pemeliharaan pada Pemilu 2024.

Dia menegaskan, PLN UID Sumut berkomitmen agar semua proses pemilu mulai dari persiapan, pemungutan hingga penghitungan suara berjalan dengan lancar.

Namun, meski begitu PLN UID Sumut tetap mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan suplai listrik misalnya akibat cuaca atau kesalahan teknis komponen tertentu.

Untuk itu, Yudhistira menyatakan bahwa pihaknya menyediakan 373 posko yang tersebar di seluruh wilayah Sumut.

"Kami pun menyiagakan 3.075 personel dan peralatan pendukung seperti 100 genset (generator set-red)," ujar dia.

PLN UID Sumut menegaskan bahwa mereka akan mengamankan kelistrikan di titik-titik penting Pemilu 2024 termasuk Kantor KPU Provinsi Sumut, 33 kantor KPUD, dan 448 kantor panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Yudhistira menyampaikan, PLN UID Sumut tidak menginginkan terjadinya permasalahan pasokan listrik saat Pemilu 2024 yang bisa menghambat proses pesta demokrasi itu termasuk rekapitulasi suara.

"Kami mengantisipasi supaya tidak terjadi masalah," kata dia lagi.

Pada 14 Februari 2024, rakyat Indonesia melakukan pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten-kota.
Baca juga: PLN: 42.800 pelanggan gunakan "smart meter" AMI di Sumut
Baca juga: PLN Sumut dorong pelanggan gunakan fitur "Catat Meter" PLN Mobile


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024