Saya telah menginstruksikan agar penyulang (feeder) utama dan penyulang 'back up' yang akan menyuplai acara tersebut dalam kondisi prima
Medan (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara menjamin kelancaran pasokan listrik saat Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) berlangsung di Danau Toba, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, 23-25 Februari 2024.
 

"Saya telah menginstruksikan agar penyulang (feeder) utama dan penyulang 'back up' yang akan menyuplai acara tersebut dalam kondisi prima," ujar General Manager PLN UID Sumatera Utara Saleh Siswanto di Medan, Kamis.
  Saleh menegaskan, infrastruktur kelistrikan di arena utama, penginapan yang akan dipergunakan pembalap dan para pengunjung juga berbagai lokasi strategis lainnya telah siap.

  Dia pun menggarisbawahi bahwa pihaknya tidak ingin kompetisi tersebut terhambat karena masalah listrik.

  Acara tersebut, Saleh melanjutkan, merupakan agenda penting untuk mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata prioritas nasional. Selain itu, Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) juga dapat meningkatkan perekonomian pelaku UMKM.

  PLN UID Sumut, kata dia, akan menerapkan pula pengamanan berlapis agar setiap persoalan dapat ditangani dengan cepat dan baik.

  Saleh memaparkan, untuk kejuaraan itu, pihaknya mempersiapkan tiga unit sumber daya nirhambatan (UPS) dengan kapasitas masing-masing 40 kVA di tiga lokasi berbeda.

  Kemudian, ada pula tiga UPS berkapasitas 250 kVA untuk 250 pelaku UMKM di sekitar lokasi pertandingan.

  Menjelang kompetisi dimulai, PLN akan melaksanakan apel siaga dan simulasi pengamanan kelistrikan di lokasi arena demi memastikan seluruh persiapan kelistrikan dapat berjalan dengan baik.

  "Saya akan memimpin langsung apel siaga kejuaraan F1H2O sekaligus memastikan seluruh persiapan dan sistem pengamanan kelistrikan berjalan dengan baik pada minggu ketiga Februari 2024," kata Saleh.

  Kejuaraan Dunia F1 Powerboat pada 23-25 Februari 2024 menjadi penyelenggaraan kedua di Danau Toba setelah sebelumnya Kejuaraan Dunia F1 Powerboat berlangsung pada 24-26 Februari 2023.

  Ketika itu, pelaksanaannya dinilai sukses dan peserta dari berbagai negara sempat mengutarakan kekaguman mereka akan Danau Toba.

  Pada 2024, Kejuaraan Dunia F1 Powerboat setidak-tidaknya digelar di enam negara. Selain Indonesia, perlombaan tersebut dilaksanakan pula di Vietnam, Italia, Albania, China dan Uni Emirat Arab.

Baca juga: Menpora: Kejuaraan F1 Powerboat tingkatkan kepercayaan dunia

Baca juga: Wamenparekraf sebut F1 Powerboat berikan efek ganda bagi masyarakat


 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024