Jakarta (ANTARA News) - Tim gabungan kepolisian dikerahkan untuk mengungkap kasus hilangnya empat emas peninggalan Kerajaan Mataram Kuno milik Museum Nasional, Jakarta.

"Polres Jakarta Pusat yang dibantu Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri masih berupaya mengusut. Mereka juga sudah olah TKP," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Ronny F. Sompie di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, kepolisian belum bisa memberikan informasi terkait penyelidikan karena tim penyidik saat ini masih bekerja.

Sementara Kepala Museum Nasional Jakarta Intan Mardiana membantah jaringan "closed circuit television" (CCTV) di museum tersebut tidak berfungsi dan rusak. "CCTV sebenarnya berfungsi namun saat kejadian itu CCTV mati," kata Intan Mardiana.

Intan mengaku tidak tahu penyebab matinya CCTV saat peristiwa pencurian terjadi. Dia mengatakan akan menyelidiki hal itu terkait dengan hilangnya koleksi emas milik Museum Nasional. Pihak museum pada Rabu (11/9) pukul 09.00 WIB menyadari empat emas peninggalan Kerajaan Mataram Kuno hilang tapi baru melaporkan kehilangan tersebut pada Kamis (12/9).

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013