Jakarta (ANTARA) - Tahun Baru Imlek merupakan salah satu momen yang ditunggu umat konguchu untuk berkumpul bersama keluarga dan berbagi berbagai makanan lezat, misalnya memakan lidah kucing keju yang resepnya diturunkan secara turun temurun.
 

“Lidah kucing adalah kukis yang selalu ada di atas meja setiap perayaan Tahun Baru Imlek di keluarga saya. Teksturnya yang renyah dan rasa butter yang milky memanjakan selera saya sedari kecil,” kata Ahli Kuliner sekaligus Brand Ambassador Anchor Chef Devina Hermawan dalam keterangan resmi yang ANTARA terima di Jakarta, Jumat.
 

Dalam menyambut tahun baru naga kayu yang penuh keberuntungan, Devina menuturkan lidah kucing menjadi makanan yang mengingatkannya pada masa kecil dan menjadi salah satu makanan yang ia kenalkan pada anak-anaknya.

Baca juga: Resep Chicken Ballotine a la Chef Devina Hermawan

Baca juga: Chef Devina Hermawan berbagi resep tart jamur dengan "butter"

 

Teksturnya yang garing dengan rasa gurih manis dan beraroma susu, katanya, dapat lebih nyaman diterima oleh lidah anak-anak.
 

Maka dari itu, di hari yang spesial ini, ia membagikan resep keluarganya untuk masyarakat coba dan nikmati bersama orang-orang tercinta di rumah. Berikut adalah resep lidah kucing keju ala Chef Devina.
 

Bahan-bahan yang diperlukan yakni:

75 gram tinned butter

75 gram unsalted butter

90 gram gula halus

1 kuning telur

1/2 sendok teh garam

1 sendok teh vanilla extract

120 gram terigu protein sedang

15 gram susu bubuk

1/2 sendok teh baking powder

60 gram keju cheddar yang diparut halus

50 gram putih telur
 

Tahap pembuatan lidah kucing:
 

1. Letakkan tinned butter, unsalted butter dan gula halus dalam sebuah wadah. Kemudian kocok semuanya sampai mengembang dan nampak berwarna pucat.
 

2. Masukkan kuning telur, garam dan vanilla extract ke dalam wadah tadi lalu dikocok lagi.
 

3. Tambahkan terigu, susu bubuk dan baking powder sambil diayak, lanjut masukkan keju cheedar yang diparut dan kocok kembali.
 

4. Adonan tersebut dimasukkan ke dalam piping bag, lalu pencet adonan menyerupai garis yang tidak terlalu panjang ke loyang yang sudah dilapisi baking paper.
 

5. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 125 oC selama kurang lebih 25 menit.
 

6. Lidah Kucing keju siap disajikan.

Chef Devina menganjurkan masyarakat yang membuatnya untuk memastikan mengayak bahan-bahan kering supaya adonan mulus dan tak bergerindil, serta gunakan telur dalam suhu ruang sehingga adonan bisa mengembang secara sempurna.
 

Kemudian, memanggang lidah kucing dalam suhu rendah dan durasi lama sehingga kue menjadi garing secara merata hingga ke dalam.

Baca juga: Enam makanan ikonik khas Imlek

Baca juga: Tokoh Tionghoa Belitung: Kue keranjang simbol kerukunan

 

Tips berikutnya, yakni setelah kue matang, segera taruh di wadah kedap udara dan simpan di kondisi kering agar tidak mudah melempem.
 

“Saya harap anda dapat recook resep ini di rumah dan menikmatinya dengan orang-orang tercinta. Selamat Tahun Baru Imlek!” ujarnya.

​​​​

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024