Kaimana (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kaimana, Papua Barat mulai mendistribusikan logistik pemilu ke sejumlah distrik (kecamatan) terjauh dan terluar.

Ketua KPU Kaimana Chandra Kirana di Kaimana, Sabtu, mengatakan sebanyak 40 kotak suara untuk delapan tempat pemungutan suara (tps) di Distrik Yamor telah didistribusikan sejak Jumat (9/2) pagi menggunakan kapal kayu.

Pergeseran logistik pemilu dilakukan bersamaan dengan pergeseran personel pengamanan, baik dari Polres Kaimana maupun Kodim 1804 Kaimana.

"Kemarin pagi ada 40 kotak suara sudah bergeser ke Distrik Yamor bersamaan dengan personel pengamanan untuk delapan tps. Kami berharap tim ini tiba dengan selamat di tps-nya masing-masing dan bisa melaksanakan tugas dengan aman dan lancar," ujar Chandra.

Menurut dia, pergeseran logistik pemilu ke Distrik Yamor tersebut merupakan pergeseran perdana logistik Pemilu 2024 untuk Kabupaten Kaimana maupun untuk seluruh wilayah Papua Barat.

Selanjutnya pada Sabtu ini akan dilakukan pergeseran logistik pemilu ke Distrik Teluk Etna. Sedangkan untuk Distrik Buruway, Arguni Bawah, Kambrauw dan Arguni Atas dijadwalkan akan dilakukan pada Minggu (11/2).

"Sementara untuk wilayah Kaimana dua, Lobo dan wilayah Mairasi grup, pergeseran logistiknya dilakukan H-2 sebelum pemungutan suara. Sedangkan untuk wilayah dalam Kota Kaimana dijadwalkan pada H-1," jelas Chandra.
Bupati Kaimana Freddy Thie bersama Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol Alfred Papare dan jajaran Forkopimda Kaimana turut menyaksikan pengiriman 40 kotak suara untuk 8 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Distrik Yamor di Pelabuhan Kaimana pada Jumat (9/2/2024). (ANTARA/HO-Isabela Wisang)

Kegiatan distribusi logistik pemilu ke Distrik Yamor turut disaksikan oleh Bupati Kaimana Freddy Thie bersama Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol Alfred Papare dan jajaran Forkopimda Kaimana.

Bupati Kaimana Freddy Thie berharap perjalanan tim yang mengantar logistik pemilu lancar dan aman sehingga nantinya warga dapat menyalurkan hak pilihnya pada 14 Februari.

"Kita sudah menyaksikan langsung pergeseran logistik pemilu ke distrik terluar dan terjauh. Semoga semuanya berlangsung lancar sehingga logistik pemilu sampai di TPS dalam kondisi baik dan pemilu tanggal 14 Februari dapat berjalan sukses dan lancar," katanya.

Orang nomor satu di Kabupaten Kaimana itu mengapresiasi dukungan dan kerja sama seluruh jajaran Forkopimda setempat dalam menyukseskan agenda nasional yaitu Pemilu 2024 di Kabupaten Kaimana.

"Kita semua berharap pemilu kali ini berlangsung aman, lancar dan sukses," ujarnya.

Baca juga: KPU Kaimana: H-5 logistik pemilu digeser ke daerah 3 T

Baca juga: KPU siapkan opsi distribusi logistik pemilu gunakan helikopter

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024