Teheran (ANTARA) - Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Urusan Politik, Ali Bagheri Kani, menekankan pentingnya menjaga keamanan maritim di perairan Laut Merah.

Wamenlu Iran itu mengatakan bahwa hanya dengan menghentikan serangan di Gaza, maka kondisi yang tepat dapat tercipta untuk memulihkan stabilitas di Laut Merah.

Bagheri Kani menyampaikan hal itu saat bertemu Wakil Menteri Luar Negeri China Ma Zhaoxu di Beijing, menurut keterangan di situs Kementerian Luar Negeri Republik Rakyat China pada Jumat (9/2).

Dalam pertemuannya dengan Ma, Bagheri Kani menyatakan Teheran yakin bahwa serangan rezim Israel terhadap Gaza harus dihentikan secepat mungkin dan bahwa Teheran menolak pemaksaan solusi apa pun terhadap rakyat Palestina.

Lebih lanjut, Bagheri Kani menyampaikan kesediaan Teheran untuk menyelesaikan isu nuklir Iran melalui jalur politik dan diplomatik. Wamenlu Iran itu berharap semua pihak terkait menunjukkan kesungguhan dan komitmennya terhadap kewajiban mereka.

Baca juga: Korsel bangun 4 kapal pengangkut mobil atasi gangguan di Laut Merah

Dia juga menyebutkan bahwa Teheran berupaya memperkuat komunikasi dan koordinasi dengan Beijing guna menggalang perdamaian dan stabilitas dalam konteks regional dan global.

Mengakui upaya Teheran dalam menjaga hubungan dengan pihak terkait, Ma menegaskan dukungan kuat China terhadap Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), yang umumnya dikenal dengan perjanjian nuklir Iran.

China secara aktif mengadvokasi resolusi politik untuk isu nuklir Iran, kata Ma.

Terkait situasi di Laut Merah, Ma turut menghubungkan situasi saat ini dengan serangan Israel di Jalur Gaza.

Sumber: IRNA-OANA

Baca juga: Menlu China akan bertemu penasihat Biden di tengah konflik Laut Merah

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024