Paju, Korea Selatan (ANTARA News) - Para penguasa Korea Selatan menyeberangi perbatasan untuk memasuki wilayah Korea Utara hari ini setelah kawasan industri bersama Kaesong dibuka kembali lima bulan setelah ditutup akibat meningkatnya ketegangan militer dan ancaman perang.

Hasil simbolik dari upaya-upaya belakangan dalam meningkatkan hubungan antar-Korea terlihat dari lusinan kendaraan dan truk menyeberangi perbatasan kedua negara sejak pukul 8:30 pagi waktu setempat  atau pukul 6:30 pagi WIB tadi.

"Saya berharap kami bisa bekerja bersama-sama lagi seperti sebelumnya," kata seorang manajer berusia 50 tahun dari sebuah perusahaa tekstil Seoul yang meminta namanya tak disebutkan.

Suasana optimistis di pos pemeriksaan perbatasan Kaesong berbeda sekali dengan suasana saat kawasan ini ditutup April lalu.

Berbulan-bulan diselimuti ketegangan militer akibat ancaman serangan nukli Pyongyang, membuat Korea Utara menarik 53 ribu pekerjanya dari kawasan bersama industri itu lima bulan lalu, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013