Aplikasi digital PHINNISI, TONUS, PITOS-M, dan PITOS-R adalah empat aplikasi yang digunakan Pelindo khususnya di Regional 4
Makassar (ANTARA) - PT Pelindo Regional 4 menerapkan empat aplikasi pendukung transportasi digital untuk memenuhi tuntutan agar BUMN kepelabuhanan ini mengalami pertumbuhan kinerja positif.

"Aplikasi digital PHINNISI, TONUS, PITOS-M, dan PITOS-R adalah empat aplikasi yang digunakan Pelindo khususnya di Regional 4 guna mendongkrak pertumbuhan kinerja," kata Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis di Makassar, Sulsel, Minggu.

Dia mengatakan PHINNISI adalah aplikasi kegiatan pelayanan kapal mulai permohonan, perencanaan, pengoperasian, billing, reporting, integrasi ke Inaportnet.

Aplikasi besutan Pelindo ini sudah terpasang di Regional 4 Makassar, Regional 4 Samarinda, Regional 4 Kendari, Regional 4 Pantoloan, Regional 4 Bitung, Regional 4 Ambon, Regional 4 Merauke dan Regional 4 Sorong.

Lalu aplikasi TONUS merupakan aplikasi kegiatan terminal peti kemas, mulai permohonan, perencanaan, pengoperasian dan pelaporan.

Aplikasi ini telah terpasang di Terminal Petikemas Makassar (TPM), yang kini disebut dengan TPK New Makassar Terminal 1 dan Terminal Petikemas Ambon.

Baca juga: Pelindo Regional 4 bukukan pertumbuhan di atas 100 persen

Baca juga: Pelindo Marine mengajak warga Kampung Seng berlatih APAR


Kemudian PTOS-M yaitu aplikasi kegiatan pelayanan barang dan peti kemas konvensional, mulai permohonan, perencanaan, pengoperasian dan pelaporan.

Aplikasi ini telah terpasang di Regional 4 Makassar, Regional 4 Bitung, Regional 4 Balikpapan, Regional 4 Tarakan, Regional 4 Pantoloan, Regional 4 Sorong, Regional 4 Jayapura, serta di Regional 4 Gorontalo.

Adapun PTOS-R adalah implementasi sistem pada layanan kapal Roro dan penumpang yang saat ini telah terpasang di Pelabuhan Makassar, Balikpapan dan Pelabuhan Sorong, dan selanjutnya akan menyusul Pelabuhan Ambon, Nunukan dan Pelabuhan Samarinda.

Kini, lanjut Regional Head 4 Pelindo, semua kegiatan di pelabuhan kelolaan di Regional 4 dapat terpantau setiap saat selama 24/7 atau 24 jam 7 hari dari dalam sebuah ruang kontrol yang terletak di lantai 3 kantor Makassar New Port (MNP) yang kini sebutannya menjadi TPK New Makassar Terminal 2.

“Dari ruang kontrol tersebut, semua aktivitas pelabuhan di Regional 4 dapat dipantau melalui empat aplikasi itu. Jadi semuanya sekarang sudah serba digital," katanya.

Sementara para pemilik kapal maupun barang juga bisa memantau gerak barang dan kapalnya melalui empat aplikasi itu di mana pun dan kapan pun, tanpa harus mendatangi Kantor Pelindo.

Division Head Operasional Pelindo Regional 4, Yusida M Palesang menambahkan, melalui aplikasi yang digunakan Pelindo khususnya di Regional 4, juga dapat memangkas port stay dan cargo stay.

“Dengan pelayanan yang semakin cepat, imbasnya kian banyak juga kapal yang sandar di pelabuhan-pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4,” imbuh Yusida.

Dampaknya tentu juga dirasakan oleh seluruh masyarakat di Sulawesi Selatan, Kawasan Timur Indonesia, dan di seluruh Indonesia pada umumnya, melalui distribusi barang yang cepat dan lancar sehingga seluruh kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan baik.

Baca juga: Pelindo jamin layanan pelabuhan optimal selama libur panjang

Baca juga: Pelindo Jambi memperkuat strategi capaian kecelakaan kerja nihil

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024