Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember, Jawa Timur, menciptakan inovasi terbaru dan canggih dalam keamanan sepeda motor melalui Weiler Smart Security Alarm.

Inovasi tersebut diciptakan oleh Tryo Brillyan Nugraha dan Daga Adza Ramdhani mahasiswa Teknik Sipil dan Abidah Wafiyah RA mahasiswa Teknik Informatika.

"Alat keamanan itu tidak hanya menawarkan konsep dasar yang canggih seperti mengontrol sepeda motor menggunakan telepon genggam, tetapi juga teknologi mutakhir yang dapat meningkatkan tingkat keamanan pengendara," kata Tryo Brillyan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jember, Senin.

Inovasi itu juga menjadikan sepeda motor yang masih menggunakan kunci konvensional menjadi sepeda motor yang menggunakan teknologi remote atau yang biasa dikenal dengan istilah keyless.

"Konsep dasar Weiler mencakup fitur Register to Go, di mana pengguna harus melakukan verifikasi dengan menekan tombol unlock sebelum menyalakan kendaraan. Hal itu untuk memastikan bahwa hanya pemilik sah yang memiliki akses," tuturnya.

Baca juga: Mahasiswa Unmuh Jember kembangkan sandal berbahan dasar gambas 

Selain itu, lanjut dia, Register on Area memungkinkan verifikasi mandiri jika remote berada dalam jarak 5 meter dan meningkatkan keamanan tanpa mengurangi efisiensi.

"Keunggulan utama Weiler terletak pada fitur auto lock yang secara otomatis mengunci akses setiap 10 detik setelah pengguna mematikan motor. Fitur itu memberikan perlindungan ekstra terhadap potensi kriminalitas seperti pembegalan atau perampasan motor," katanya.

Dengan dipasang modul Weiler pada motor, pengguna dapat mengontrol motor seperti menyalakan motor, mengunci motor, membuka kunci motor, dan menyalakan lampu hazard melalui perangkat elektronik seperti handphone, laptop bahkan dengan remote bawaan Weiler.

Baca juga: Unmuh Jember luncurkan mobil listrik Bharata jelang KMLI 2023

Dalam mendeteksi potensi ancaman, lanjut dia, Weiler dilengkapi dengan sensor getaran yang memiliki sensitivitas tinggi dan sensor itu dapat mendeteksi getaran abnormal, seperti ketika stang terkunci pada kasus pencurian.

"Alarm aktif dan kendaraan tidak dapat dinyalakan, memberikan perlindungan maksimal. Meskipun belum dilengkapi GPS, Weiler akan memiliki fitur pelacakan pada versi selanjutnya," kata dia.

Ia mengatakan pengguna dapat mengakses virtual remote melalui internet, memungkinkan akses mudah tanpa batasan sistem operasi, sehingga inovasi itu sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga: Mahasiswa Unja ciptakan sabun organik daun kersen atasi masalah kulit

"Inovasi itu meningkatkan kesadaran akan pentingnya sistem keamanan dan mengurangi tindakan kriminal pencurian sepeda motor," katanya.
 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024