Kasus DBD hingga 7 Februari 2024 mencapai 75 kasus dari 10 kecamatan
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan (Jaksel) menyebut Kecamatan Mampang Prapatan, Jagakarsa, dan Kebayoran Baru menjadi penyumbang terbanyak kasus demam berdarah dengue (DBD)  di Jakarta Selatan.

Untuk itu warga diminta  menerapkan gerakan 3M plus yaitu menguras, menutup, dan mendaur ulang atau menyingkirkan barang-barang yang menjadi tempat nyamuk berkembang biak, termasuk tidak menggantung pakaian kotor.

"Kasus DBD hingga 7 Februari 2024 mencapai 75 kasus dari 10 kecamatan serta terbanyak di Mampang Prapatan, Jagakarsa, dan Kebayoran Baru," kata Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat, Suku Dinas Kesehatan Jaksel Evelyn di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan untuk Kecamatan Mampang Prapatan hingga data terakhir sudah ditemukan sebanyak 19 kasus DBD, kemudian disusul Kecamatan Jagakarsa dengan jumlah 12 kasus, dan Kecamatan Kebayoran Baru ditemukan 11 kasus.

Untuk itu kata Evelyn, pihaknya meminta kepada masyarakat agar mengupayakan untuk pencegahan kasus DBD, terutama pada musim hujan, karena diperkirakan kasus akan terus meningkat.

"Biasanya di masa musim penghujan ini sampai perkiraan bulan Maret kasus akan meningkat, karena banyak tempat nyamuk berkembang biak," tuturnya.

Ia menambahkan pada prinsipnya untuk pencegahan atau penanggulangan DBD adalah lebih mengutamakan gerakan 3M plus, selain itu juga dapat dibantu dengan memelihara ikan pemakan jentik dan tanaman pengusir nyamuk.

"Semuanya harus tetap dilakukan secara berkesinambungan mengingat kita tinggal di daerah tropis di mana iklim ini sangat mendukung untuk tempat berkembangbiak nyamuk aedes aegypti," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan agar masyarakat jangan lupa untuk memberantas sarang nyamuk secara mandiri di rumah masing-masing.

"Untuk memastikan tidak ada jentik di rumah kita masing-masing," katanya menegaskan.
Baca juga: Kelurahan Kebayoran Lama berantas sarang nyamuk libatkan jumantik
Baca juga: Jakarta Selatan tangani pengobatan ribuan kasus DBD selama 2022
Baca juga: Polsek Jagakarta dan Polsek Kebayoran Lama berantas sarang nyamuk

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024