Jakarta (ANTARA) - Serial komedi terbaru karya Raditya Dika yang berjudul Komedi Kacau siap tayang di platform Netflix pada 16 Februari 2024 mendatang.
 

“Kami melakukan riset dan mengembangkan ide utamanya. Kami memasukkan kejadian-kejadian yang menurut saya bisa lucu dan dramatis, ditulis dari kacamata seorang Raditya Dika. Meskipun cerita Komedi Kacau tidak sepenuhnya berdasarkan kejadian nyata, namun ada unsur-unsur realistis di dalamnya,” kata Raditya Dika melalui keterangan resminya di Jakarta, Selasa.
 

Dika bercerita ide dari serial itu muncul dari angan-angannya yang ingin punya sebuah klub komedi. Sayangnya, karena belum juga menjadi kenyataan, ia berusaha mewujudkannya dengan menulis serial tentang seluk beluk, dinamika, dan jatuh bangunnya sebuah klub komedi.

Baca juga: Kriteria memilih tempat wisata ala Raditya Dika dan Annisa Aziza

Baca juga: Begini cara mengelola keuangan ala Raditya Dika

 

Setelah ide utama terbentuk, ia memetakan jalan cerita yang mendetail di mana ia melibatkan rekan komedian, Mo Sidik, yang jadi pemilik klub komedi pertama dan satu-satunya di Jakarta bernama Ketawa Comedy Club.
 

Di samping menampilkan perjuangan membangun sebuah klub, pada film kali ini Dika juga mengangkat kehidupan pernikahan, topik yang belum pernah diangkat sebelumnya ke dalam film ataupun serial buatannya.
 

“Saat proses penulisan, topik yang saya tuangkan ke dalam skenario hadir dari berbagai keresahan pribadi. Salah satu yang dieksplorasi untuk di Komedi Kacau adalah dinamika kehidupan pernikahan dan berbagai tantangannya, tapi tentu dikemas secara komedi,” katanya.
 

Dika melanjutkan serial kali ini turut melibatkan aktor dan komika ternama seperti Joshua Suherman, Yono Bakrie, Pamela Bowie, Dodit Mulyanto, hingga Dion Wiyoko setelah melewati proses pemilihan pemain yang cukup panjang.
 

Hal itu disebabkan oleh pentingnya mencocokkan karakter dan aktor yang akan bermain.
 

“Hasilnya sangat memuaskan, masing-masing aktor dan komika memberikan penampilan yang luar biasa. Salah satunya Dion, yang akan memerankan karakter bernama Sultan, penonton akan menyaksikan penampilannya yang benar-benar berbeda,” ucap dia.
 

Dika sendiri nantinya akan berperan sebagai pemeran utama sekaligus sutradara yang mengatur jalannya pembuatan serial. Ia berharap dapat membuat penonton terhibur sekaligus mengenal lebih dekat dunia komedi dari balik panggung.

Baca juga: Alasan Raditya Dika jadikan kucing sebagai "teman hidup"

Baca juga: Raditya Dika hingga Willie Salim raih YouTube Diamond Award

 

“Serial Komedi Kacau ini ingin menghadirkan kehidupan belakang layar para stand up comedian dan seperti apa kesulitan mengelola sebuah komedi klub. Rasanya, topik ini terbilang jarang diangkat ke dalam film dan serial di Indonesia, jadi saya mau ajak penonton untuk menonton Komedi Kacau sekaligus mengintip sedikit kehidupan kami, para komika dari balik layar,” ujar dia.

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024