Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membagikan kiat atau saran dalam menjaga kesehatan selama proses pemilu agar pesta demokrasi lima tahunan itu berjalan dengan lancar.
 
"Bagi para petugas KPPS selama menjalani tugas, (agar) tidak mengonsumsi makanan pedas atau berlemak sebelum dan sesudah acara, dan istirahat cukup minimal 7-8 jam," kata Ketua Umum PB IDI Dr Moh Adib Khumaidi melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.
 
Kemudian, Adib juga mengingatkan kepada para petugas untuk mengonsumsi buah atau suplemen vitamin C dan B, dan tetap mengonsumsi obat rutin jika menderita penyakit yang mewajibkan minum obat.
 
Agar tubuh tidak kaku, ia juga mengimbau agar para petugas melakukan peregangan kepala, leher, bahu, pinggang, dan tangan di tempat duduk setiap 30-60 menit sekali, serta melakukan peregangan di luar tempat duduk (sedikit berjalan dan bergantian dengan petugas lainnya) untuk melemaskan otot kaki, setiap dua jam sekali.
 
"Tidak mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung soda dan alkohol, ataupun minuman berenergi, membatasi minuman dan makanan manis serta gorengan, dan rajin minum air putih agar suhu dalam tubuh tetap terjaga," ujarnya.
 
Adib juga menyarankan petugas agar mengenakan masker jika merasa kurang sehat, mengurangi dan menghindari asap rokok, serta mengenakan topi di area yang terbuka dan terpapar oleh sinar matahari.

Baca juga: Kemenkes pastikan fasyankes siaga 24 jam saat pemilu

Baca juga: Dokter sarankan petugas KPPS atur jam istirahat hingga asupan gizi
 
Selain untuk petugas, ia juga menyarankan beberapa hal untuk dilakukan oleh para pemilih. Salah satunya, adalah dengan mengonsumsi makanan/sarapan sebelum menuju TPS serta mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman.
 
"Gunakan masker bagi lansia dan ibu hamil serta bagi masyarakat yang berada dalam kondisi kurang sehat atau memiliki gejala flu, dan dianjurkan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah pencoblosan," ucapnya.
 
Adib juga menganjurkan untuk tidak membawa anak-anak di bawah umur agar tidak terlalu banyak orang dalam area yang terbatas, dan segera kembali ke rumah dan tidak berdesakan di TPS agar sirkulasi udara area TPS tetap terjaga.
 
Untuk mengantisipasi hal darurat, ia menyebut PB IDI telah mengeluarkan imbauan bagi segenap IDI Wilayah dan IDI Cabang, untuk mempersiapkan Tim Siaga Pemilu 2024, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat.
 
"Selama kegiatan Pemilu 2024 berlangsung, kami mengimbau segenap jajaran IDI dan anggota, agar tetap menjaga netralitas dan memegang teguh Sumpah Dokter dalam memberikan bantuan pelayanan kesehatan," tutur Moh Adib Khumaidi.

Baca juga: Dokter paparkan tips pertolongan pertama jika ada KPPS yang pingsan

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024