Manado (ANTARA) - Sebanyak 2.107 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) diharapkan bekerja teliti dan fokus pada pemungutan dan penghitungan suara 14 Februari 2024.

"Kami yakin ketika semua aturan diikuti, materi bimtek diterapkan, harus bisa, menjalankan tugas dengan baik, tidak ada kesalahan, teliti, konsentrasi dan fokus," sebut Ketua KPU Tomohon, Albertien Grace Vierna Pijoh di Tomohon, Selasa.

Dia optimistis, petugas KPPS yang tersebar di 301 tempat pemungutan suara (TPS) dapat melaksanakan tugasnya dengan baik karena telah dibekali dengan bimbingan teknis maupun simulasi.

"Mereka telah dibekali, ada bimtek dari KPU, PPK, PPS, ada juga simulasi, ada buku panduan, ada flyer yang bisa dibaca untuk menambah pemahaman supaya tidak ragu," katanya.

Dia juga berharap, setiap anggota KPPS mentaati aturan dan mengingat pekerjaan masing-masing.

"KPPS yang akan bertugas besok, bertugaslah, jalankan tugas dengan baik, harus yakin pasti bisa melaksanakan tugasnya," ujarnya.

Dia menambahkan, KPU juga telah mengalokasikan biaya operasional untuk meningkatkan stamina bagi personel KPPS yang bertugas pada hari pemungutan dan perhitungan suara.

"Jadi ada biaya operasional yang bisa digunakan untuk menambah stamina, mereka bisa membeli suplemen penambah stamina," ujarnya.

Vierna yakin, pelaksanaan pemilu di Kota Tomohon berjalan sukses karena sudah pernah melewati beberapa kali pemilu dan pemilihan, dan itu dilewati dengan baik dan sukses.

"Kali ini pun kami yakin bisa mencapai hal yang sama, keberhasilan dan kesuksesan sama dengan pemilu dan pilkada tahun tahun sebelumnya," ujarnya.

Baca juga: Bawaslu Kabupaten Bogor rekomendasi atasi jaringan internet di 289 TPS
Baca juga: Sebanyak 1.520 personel PLN siaga pemilu kawal listrik Kalimantan 
Baca juga: Pj Gubernur Jabar pastikan kesiapan akhir Pemilu 2024 di TPS

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024