Jakarta (ANTARA) -
Sebanyak 250 pemilih berstatus orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) warga binaan Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 3, Jakarta Barat, memberikan hak suara masing-masing pada Pemilu 14 Februari sejak pukul 08.30 WIB.
 
Dengan menggunakan kaos seragam yang telah ditentukan oleh petugas panti, ratusan warga binaan tersebut tertib menunggu panggilan untuk masuk ke bilik suara.
 
“Sebelumnya 245, tapi ada penambahan jumlah pemilih sebanyak 36 orang karena setelah ditelusuri lagi masih ada warga binaan yang layak untuk memberikan hak suaranya,” kata Kasubag Tata Usaha Asta Devin Loriana di Jakarta, Rabu.  
 
Ratusan pemilih dengan status ODGJ tersebut memilih di 3 TPS, yakni TPS 20, 21, 22 yang terletak di dalam lingkungan panti dan juga dipergunakan oleh petugas panti serta masyarakat sekitar.
 
Asta menerangkan ada 13 orang warga binaan yang memilih di TPS 20, 103 orang warga binaan memilih di TPS 21, dan 98 orang warga binaan memilih di TPS 22.
 
Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU, TPS mulai dibuka sejak pukul 7.00 WIB. Akan tetapi, tiga TPS di lingkungan Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 3 baru mulai dibuka pukul 08.30 WIB.
 
Ia menjelaskan para warga binaan baru tertib menunggu di halaman panti sejak pukul 08.00 WIB selepas jadwal minum obat yang pertama.

Sementara untuk petugas panti yang mendampingi warga binaan berjumlah 37 orang yang melakukan pendampingan hingga di depan bilik suara.
 
Sebelumnya pada Selasa (13/2), Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta Dody Wijaya menerangkan ada tiga tempat pemungutan suara (TPS) khusus bagi pemilih dengan status ODGJ yang dirawat di wilayah Provinsi DKI Jakarta yang keseluruhannya terpusat di panti sosial.
 
TPS khusus yang pertama berlokasi di Panti Bina Laras Harapan Sentosa 1, Cengkareng, Jakarta Barat. Adapun TPS khusus yang kedua berlokasi di Panti Bina Laras Harapan Sentosa 2, Cipayung Jakarta Timur. Sementara TPS khusus yang terakhir berada di Panti Bina Laras Harapan Sentosa 3, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Baca juga: Pemilih ODGJ antusias tunaikan hak pilih Pemilu 2024

Baca juga: Pemilih ODGJ ikuti sosialisasi terakhir jelang pencoblosan Pemilu 2024

Baca juga: Kemensos siap asistensi ODGJ di sentra beri hak suara pada Pemilu 2024
 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024