"Masyarakat dapat melaporkan adanya pelanggaran pada proses pelaksanaan pemilu ke Bawaslu Kota Bengkulu guna memastikan proses tersebut berjalan dengan baik. Peran serta masyarakat sangat penting dalam memastikan keberlangsungan demokrasi yang sehat
Kota Bengkulu (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bengkulu mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mengawasi proses pemungutan dan perhitungan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
"Masyarakat dapat melaporkan adanya pelanggaran pada proses pelaksanaan pemilu ke Bawaslu Kota Bengkulu guna memastikan proses tersebut berjalan dengan baik. Peran serta masyarakat sangat penting dalam memastikan keberlangsungan demokrasi yang sehat dan berkualitas," kata Ketua Bawaslu Kota Bengkulu Rahmat Hidayat di Kota Bengkulu, Jumat.
 
Ia menyebutkan, dengan ikutnya masyarakat dalam pengawasan pelaksanaan pemilu serta meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak terkait maka proses pengawasan berjalan lancar dan efektif.
 
Selain itu, Bawaslu juga menyiapkan sistem pelaporan yang lebih efisien dan responsif untuk memudahkan masyarakat dalam melaporkan dugaan pelanggaran pemilu.
 
"Kami terus berupaya meningkatkan aksesibilitas dan responsivitas lembaga dalam menangani laporan dari masyarakat," ujar dia.
 
Dengan langkah-langkah tersebut, Bawaslu Kota Bengkulu berharap dapat mengurangi potensi terjadinya pelanggaran pemilu serta meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi.
 
Sementara itu, pihaknya juga melaksanakan penjagaan guna mengantisipasi adanya potensi perbedaan antara Formulir C Hasil Pemungutan Suara di tempat pemungutan suara (TPS) dengan data yang tercatat dalam sistem Sirekap.
 
Sebab, pada proses pengisian formulir C dan data di aplikasi Sirekap, para anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) agar transparansi dan kejujuran dalam pelaksanaan pemilu.
 
Lanjut Rahmat, meskipun hingga saat ini belum ada laporan terkait perbedaan tersebut, namun Bawaslu Kota Bengkulu terus melakukan pemantauan terhadap proses penghitungan surat suara di tingkat TPS.
 
Bawaslu Kota Bengkulu juga fokus terhadap tahap rekapitulasi laporan harian pengawasan yang diterima dari pengawas kelurahan dan panitia pengawas kecamatan (Panwascam), sebab proses tersebut merupakan langkah awal dalam memastikan integritas pemilu yang adil dan transparan.
 
"Untuk saat ini laporan terkait hal tersebut kita belum terima, tapi kita akan terus mengawasi dan memantau hal itu. Kami saat ini masih fokus pada tahap rekapitulasi laporan harian pengawasan yang diterima dari pengawas kelurahan dan Panwascam," ujar dia.

 

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024