Untuk itu kami mengajak masyarakat semakin menyadari pentingnya melakukan pemeriksaan genomik pada fasilitas layanan kesehatan yang tepat
Jakarta (ANTARA) - Upaya melakukan pemeriksaan genomik di dalam negeri dinilai dapat melindungi miliaran data dan informasi penting yang terdapat pada gen setiap individu yang melakukan pemeriksaan tersebut.

Product & Scientific Manager Prodia Trilis Yulianti di Jakarta Sabtu mengatakan, dengan demikian data dan informasi penting dalam gen setiap individu tersebut tidak beralih ke pihak asing ataupun pihak yang tidak berkepentingan.

"Untuk itu kami mengajak masyarakat semakin menyadari pentingnya melakukan pemeriksaan genomik pada fasilitas layanan kesehatan yang tepat," katanya.

Menurut dia, karakteristik DNA manusia sangat kompleks dan beragam, yang mempengaruhi perbedaan respon tubuh dan metabolisme tiap individu, sehingga pihaknya menghadirkan layanan-layanan genomik terbaru yang berfokus pada aspek personalisasi melalui Prodia Genomics.

Dikatakannya, pemeriksaan genomik melibatkan analisis dan pemahaman informasi genetik yang terdapat dalam genom manusia. Proses ini melibatkan pengambilan sampel materi genetik seperti darah yang mengandung DNA.

Sementara itu, Business and Marketing Director Prodia Dr Indriyanti Rafi Sukmawati M Si mengatakan, kehadiran Prodia Genomics berkontribusi untuk membangun kesadaran pentingnya tindakan preventif dan prediktif bagi masyarakat agar taraf kesehatan dapat semakin meningkat dan lebih berkualitas.

"Ditambah lagi, dengan keunggulan data genom yang bersumber langsung dari masyarakat Indonesia sehingga hasil pemeriksaan genomik yang dilakukan di Prodia akan lebih akurat," katanya.

Dikatakannya, mengusung tema "Celebrating 5 Years of Genomic Brilliance", perusahaan berkomitmen menghadirkan layanan diagnostik berbasis genomik yang komprehensif dan bermutu tinggi bagi pelanggan.

Hal itu, lanjutnya, dengan mengadaptasi keunggulan karakteristik genetik yang kompleks serta unik bagi setiap individu yang telah divalidasi dan dikurasi menggunakan database populasi Indonesia.

"Prodia Genomics menjadi bukti konkrit Prodia dalam menghadirkan layanan kesehatan yang berfokus pada aspek personalisasi," katanya.

Pewarta: Subagyo
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024