Alhamdulillah, seluruh puskesmas sudah mendapatkan distribusi vaksin sesuai dengan alokasi yang diterima
Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), menerima vaksin polio sebanyak 3.095 vial untuk Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran kedua yang akan digelar pada 19-25 Februari 2024.

"Vaksin sebanyak 3.095 vial tersebut didistribusikan sesuai alokasi dari Survim (Surveilans dan Imunisasi) Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo dalam keterangan tertulis yang diterima di kabupaten setempat, Minggu.

Menurutnya, semua vaksin sudah terdistribusikan tuntas ke-33 puskesmas dengan masing-masing puskesmas membawa vaccine carrier yang dilengkapi icepack.

"Untuk distribusi ke Pos PIN diserahkan ke puskesmas masing-masing. Alhamdulillah, seluruh puskesmas sudah mendapatkan distribusi vaksin sesuai dengan alokasi yang diterima," tuturnya.

Baca juga: Khofifah: Capaian sub PIN Polio di Jatim capai 4,7 juta anak

Untuk itu ia meminta kepada seluruh puskesmas untuk menjaga suhu vaksin agar tetap stabil. 

Setelah sampai di puskesmas masing-masing, kata dia, petugas memasukkan dan menyimpan vaksin tersebut di tempat penyimpanan vaksin dengan suhu yang terkontrol kurang dari 2 derajat Celsius.

"Kami mendapatkan laporan dari puskesmas terkait dengan suhu tersebut. Semoga Sub PIN Polio putaran 2 ini bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan apapun di lapangan," katanya.

Baca juga: Capaian sub PIN Polio Kota Mojokerto tertinggi se-Jatim

Jumlah pendataan awal sasaran riil Sub PIN Polio putaran 1 di Kabupaten Probolinggo sebanyak 145.243 anak usia 0 sampai dengan 8 tahun kurang satu hari.

Selanjutnya sasaran mengalami penambahan saat pelaksanaan di lapangan menjadi 149.667 anak dan penambahan sasaran itu berasal dari luar daerah, bayi baru lahir, sasaran luar sekolah, yang belum terdata saat pendataan awal.

Capaian Sub PIN Polio sampai dengan tanggal 31 Januari 2024 sebanyak 148.750 anak telah mendapatkan vaksin polio, sehingga diperoleh persentase 99,39 persen.

Baca juga: Sub PIN Polio putaran 1 di Probolinggo capai 97,03 persen

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024