kita targetkan mencapai tiga juta kilogram
Jakarta (ANTARA) - BUMD Pangan DKI Jakarta PT Food Station Tjipinang Jaya memastikan tiga juta kilogram (kg) beras premium terdistribusi ke ribuan toko ritel di Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) agar stok komoditas strategis itu tersedia. 

"Minggu lalu sampai sekarang, kita targetkan mencapai tiga juta kilogram yang didistribusikan melalui distribusi 'center' ritel modern yang jumlah tokonya kurang lebih ada 6.000 toko se-Jabodetabek," kata Direktur Utama PT Food Station Pamrihadi Wiraryo kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Pamrihadi menjelaskan  dengan gelontoran beras premium melalui ribuan ritel moderen di Jabodetabek diharapkan beberapa hari ke depan harga beras premium bisa turun dengan menyentuh ke harga eceran tertinggi (HET) Rp13.900.

Maka dari itu, dia menyarankan kepada warga Jabodetabek untuk bisa membeli beras premium di ritel modern dengan harga Rp13.900 per kilogramnya dengan dikemas menjadi beras lima kilogram seharga Rp69.500 per kilogram.

Food Station mencatat stok beras di Pasar Induk Cipinang per Selasa (20/2) sebanyak 35.500 ton yakni di atas pemasukan rata-rata per hari ada 2.800 ton.

Baca juga: Pengusaha beras DKI catat harga beras turun capai Rp1.000 per kilogram

"Untuk harga beras sentra ramos atau IR 64 yang selalu menjadi acuan kualitas premium, ada di harga Rp15 ribu per kilogram, sementara untuk yang mediumnya harga Rp10.655," jelasnya.

Adapun terkait kenaikan harga beras premium yang semula harga Rp14.900 sudah mencapai Rp15 ribu, hal itu karena suplai dari daerah yang masih terbatas dan lamanya masa panen.

Perubahan iklim yang cukup ekstrem menyebabkan terjadinya panen yang biasanya di Februari-Maret mundur, dengan kemungkinan akan panen banyak di akhir Maret.

Sementara itu, suplai dari daerah rata-rata dari 3.000 ton per hari saat ini menjadi 2.800 ton.

"Keterbatasan suplai menyebabkan harga gabah di tingkat petani cukup tinggi sehingga masuk ke Pasar Induk Cipinang pun harganya sudah cukup tinggi," ujarnya.

Baca juga: Pemprov DKI memastikan stok beras jelang Ramadhan 1445 Hijriah aman

Namun demikian, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal ini menugaskan Food Station Cipinang untuk melakukan distribusi pasokan ke ritel modern dalam rangka pengendalian harga khususnya adalah beras premium.

"Pasokan beras ke Pasar Induk Cipinang sampai saat ini tetap lancar dari daerah dan kami harapkan menjelang panen raya di Maret-April akan semakin lancar," jelasnya.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024