tidak pernah menutup pendaftaran
Jakarta (ANTARA) - Pusat Pelatihan Kerja Daerah Jakarta Selatan (PPKD Jaksel) menyatakan, antusiasme warga atau anak muda mengikuti pelatihan kerja tinggi sehingga saat ini tercatat sudah 2.500 orang terdaftar berstatus antre.

"Antusiasme tinggi, kami mencatat sudah ada 2.500 orang yang mendaftar," kata Kepala Satuan Pelaksana Pelatihan dan Uji Kompetensi PPKD Jaksel, Dinas Tenaga Kerja,Transmigrasi dan Energi, Pemprov DKI Jakarta Muhammad Rifki di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan, pihaknya tidak pernah menutup pendaftaran untuk pelatihan kerja ini. 

Rifki mengatakan, pendaftaran gelombang dua untuk pelatihan kerja masih dibuka untuk umum, mereka dapat mengakses melalui Sistem Informasi Pelatihan dan Pemasaran (Silatipe) atau www.silatipe.ppkdjakartaselatan.com.

Ia menjelaskan seleksi pelatihan tahap kedua dilaksanakan pada Maret 2024 dan nantinya pelatihan berlangsung setelah Idul Fitri.

Baca juga: PPKD Jaksel sebut pelatihan Bahasa Jepang capai N4 untuk pencari kerja

"Nanti ada enam pelatihan yang dibuka, di antaranya pelatihan barista, bahasa Inggris, tata boga dan lainnya," katanya.

Sebelumnya, Kasubag Tata Usaha PPKD Jaksel Qadhi Ahmad mengatakan, saat ini terdapat 120 peserta yang mengikuti pelatihan kerja gratis di PPKD Jaksel mereka tersebar di enam bidang ketrampilan yang disediakan.

Menurut dia, antusiasme masyarakat untuk mengikuti pelatihan kerja sangat tinggi, terbukti pada proses pendaftaran terdapat 2.263 orang dan hanya bisa ditampung 120 peserta.

"Masing-masing kejuruan pelatihan diisi sebanyak 20 peserta dari berbagai jenjang usia dan pendidikan," katanya.

Dia menambahkan bahwa pelatihan kerja gratis pada tahun ini hanya menyediakan 980 peserta atau lebih sedikit dari tahun sebelumnya sebanyak 1.100 peserta karena adanya pembangunan kelas.

Baca juga: Jaksel buat sistem yang hubungkan peserta pelatihan dengan perusahaan

Peserta dikhususkan dari Jakarta, khususnya Jakarta Selatan. Namun, peserta non Jakarta juga bisa, asalkan memiliki surat keterangan domisili di Ibu Kota.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024