Pontianak (ANTARA) - Wakil Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Piotr Firlus melakukan kunjungan kerja ke Pontianak untuk menjajaki potensi kerjasama dengan Pemerintah Kalimantan Barat dalam berbagai sektor, terutama pemanfaatan energi terbarukan dan sektor transportasi laut yang berpotensi di kembangkan di Kalbar.

"Hari ini saya berkunjung ke Kota Pontianak, Kalimantan Barat, untuk menyoroti potensi kerjasama antara Polandia dengan Indonesia. Tadi saya sudah bertemu dengan Gubernur Kalbar, dan besok akan melakukan kunjungan di Universitas Tanjungpura Pontianak dan bertemu dengan pihak PT. Pelindo," kata Piotr Firlus di Pontianak, Kamis.

Dia menjelaskan, kunjungannya tersebut, bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara Polandia dan Indonesia dalam berbagai sektor, termasuk ekonomi, politik, budaya, dan ilmiah.

Dalam pernyataannya, Piotr Firlus menyatakan bahwa Polandia dan Indonesia telah menjalin hubungan diplomatik selama hampir 70 tahun dan terus bekerja sama dalam berbagai bidang. Salah satu fokus utama dari kunjungan ini adalah untuk mengeksplorasi peluang kerjasama di sektor maritim, energi, kesehatan, digitalisasi, dan transportasi.

"Kami melihat Pontianak sebagai salah satu pusat ekonomi yang penting di Indonesia, terutama dalam sektor maritim. Saya mencatat bahwa Pontianak berperan sebagai pelabuhan dan terminal utama di perairan Internasional antara Kalimantan, Sumatera, dan Laut China Selatan. Dalam hal ini, Polandia tertarik untuk berkolaborasi dengan Indonesia," katanya.

Piotr Firlus mengatakan, Polandia, yang saat ini merupakan ekonomi global ke-21, memiliki GDP sebesar Rp600 miliar USD dengan populasi sekitar 40 juta orang. Firlus menyoroti kesamaan dalam pertumbuhan ekonomi antara Polandia dan Indonesia, serta melihat adanya potensi sinergi dan kerjasama di berbagai sektor.

Selain itu, kunjungan ini juga menyoroti potensi kerjasama ilmiah dan pendidikan antara kedua negara. Firlus menyatakan bahwa setiap tahun semakin banyak mahasiswa Indonesia yang memilih untuk belajar di Polandia, menunjukkan bahwa Polandia menawarkan lingkungan pendidikan yang berkualitas dan biaya hidup yang terjangkau.

"Sayangnya, perwakilan mahasiswa/Pelajar dari Pontianak belum ada yang sampai ke sana. Kita harapkan ke depan ada pelajar Pontianak yang bisa mendapatkan beasiswa pendidikan ke Polandia," tuturnya.

Dalam rangka mempromosikan kerjasama akademis, Firlus berencana untuk bertemu dengan perwakilan dari Universitas Tanjungpura, untuk membahas kemungkinan pertukaran mahasiswa dan proyek penelitian bersama.

Kunjungan Piotr Firlus ke Pontianak merupakan langkah konkrit dalam memperkuat hubungan antara Polandia dan Indonesia serta mengeksplorasi potensi kerjasama yang lebih luas di masa depan.

Baca juga: Polandia tertarik berinvestasi di Belitung Timur

Baca juga: Menperin dorong investasi Polandia di Indonesia

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024