Masyarakat dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumah atau tembok untuk menanam sayuran dan memelihara ikan guna memenuhi kebutuhan pangan keluarga
Tangerang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mendorong masyarakat meningkatkan ketahanan dan kemandirian pangan dengan menanam sayur berkonsep vertical garden di wilayah masing-masing.

"Mengingat lahan pertanian di Kota Tangerang sudah tidak ada, kita bisa menggunakan metode vertical garden, yaitu kebun dengan posisi tegak lurus, dengan tanaman sayur yang bisa menjalar ke atas,” kata Nurdin usai kegiatan panen raya serentak bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kelurahan Gaga, Kecamatan Larangan, Kamis

Nurdin menuturkan urban farming merupakan solusi tepat ketahanan pangan untuk mengatasi keterbatasan lahan di wilayah perkotaan.

“Masyarakat dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumah atau tembok untuk menanam sayuran dan memelihara ikan guna memenuhi kebutuhan pangan keluarga,” katanya. 

Baca juga: Kelompok wani tani Tangerang manfaatkan lahan jadi pertanian produktif

Ia juga mendorong KWT dan Pokdakan (Kelompok Pembudidaya ikan) di Kota Tangerang untuk terus mengembangkan urban farming dan terus meningkatkan jumlah KWT di Kota Tangerang yang hingga saat ini telah ada sebanyak 119 KWT.

Pemkot akan terus memberikan dukungan dalam bentuk pelatihan, pendampingan, dan bantuan sarana prasarana.

“Saya berharap dengan panen raya ini kita dapat terus meningkatkan upaya memasifkan urban farming dalam mendukung ketahanan pangan di Kota Tangerang,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Nurdin memanen sayuran bersama anggota KWT dan Pokdakan, seperti kangkung, sawi, dan singkong.

Usai panen sayuran Nurdin juga melakukan panen budi daya ikan Lele Barokah di Kecamatan Cipete, Kelurahan Pinang. Selain ikan lele, juga turut dipanen ikan patin dan nila.

Baca juga: Pemkab Tangerang uji coba program pertanian perkotaan

 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024