Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menerima kunjungan Perdana Menteri Australia Tony Abbot di Istana Merdeka Jakarta, Senin sore.

Kepala Negara bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono akan menerima kedatangan PM Abbot dan Maggie Abbot pada pukul 15.30 WIB.

Pada kesempatan sebelumnya, staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan kunjungan itu merupakan kunjungan luar negeri pertama sejak Abbot dilantik pada 18 September 2013.

PM Abbot pernah berkunjung ke Indonesia pada Oktober 2012 dalam kapasitasnya sebagai ketua oposisi di parlemen Australia.

Menurut Faizasyah, dalam kesempatan pertemuan bilateral, Presiden RI dengan PM Australia, akan membahas isu-isu yang menjadi prioritas bersama sesuai dengan kerangka kemitraan komprehensif.

Sejumlah isu itu, di antaranya kerja sama ekonomi dan kerja sama sosial kebudayaan, termasuk "people to people contacts".

Selain itu, kedua pemimpin akan bertukar pandangan mengenai isu-isu regional dan global yang menjadi kepentingan bersama, seperti kerja sama di forum East Asia Summit, APEC, G20, dan PBB.

Ia mengatakan dengan kunjungan itu maka hubungan kerja sama antara kedua negara akan terus meningkat.

"Ketetapan PM Abbott untuk memulai masa pemerintahannya dengan melakukan lawatan ke Indonesia mencerminkan semangat untuk melanjutkan dan bahkan memperkuat kerja sama di antara kedua negara. Sesuatu ketetapan yang Indonesia apresiasi," katanya.


(T.P008/B/M029/M029) 30-09-2013 06:36:02

Pewarta: Panca Hari Pabowo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013