China juga akan membantu pembiayaan."
Beijing (ANTARA News) - China akan mengirimkan ahli guna bergabung dalam tim penyelidik dan pemusnah senjata kimia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Suriah, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hong Lei.

"China juga akan membantu pembiayaan," katanya, seperti dikutip media setempat di Beijing, Selasa.

Hong Lei mengatakan, China aktif untuk melakukan konsultasi dengan Dewan Keamanan (DK) PBB dan Dewan Eksekutif Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (Prohibition of Chemical Weapons/OPCW) guna perumusan resolusi bagi Suriah.

China mendukung upaya PBB untuk membentuk tim penyelidik senjata kimia Suriah yang independen, objektif, adil dan profesional.

Ia menegaskan, China akan selalu mengupayakan jalan damai bagi penyelesian krisis politik dan kemanusiaan secara damai di Suriah.

"China akan tetap berdasarkan hukum internasional, prinsip-prinsip hubungan internasional, Piagam PBB dan menentag segala bentuk pengerahan kekuatan dalam penyelesaian krisis Suriah," kata Hong Lei.

Ia mengemukakan, China akan berperan aktif dan konstruktif dalam penyelesaian krisis Suriah, baik dalam forum regional maupun internasional.

China juga mendukung Konferensi Jenewa II untuk mencari kemungkinan dan hasil positif bagi penyelesaian konflik Suriah, demikian Hong Lie.

Pewarta: Rini Utami
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013