Bukan berarti mengesampingkan industri pengolahannya. Tetap akan ada, tapi yang jelas ini (agromaritim) potensinya besar. Bisa mencapai seperti itu? Saya yakin bisa
Kota Bogor (ANTARA) - Kepala Badan Kebijakan Perdagangan (BKPerdag) di Kementerian Perdagangan (Kemendag) Kasan mengapresiasi Himpunan Alumni (HA) Institut Pertanian Bogor (IPB) University yang telah menggelar Agromaritim Outlook 2024 di Kota Bogor, Jawa Barat.

Kasan yang merupakan alumni IPB University dan bekerja di Kemendag, memahami bagaimana kontribusi sektor agromaritim yang memiliki potensi besar di Indonesia.

“Saya berharap event seperti ini akan terus digulirkan. Saya rasa ini akan menjadi salah satu ekonomi baru bagi Indonesia yang potensinya jelas ada. Ini yang penggaliannya, eksplorasinya bagaimana,” kata Kasan di Kota Bogor, Selasa.

Kasan menilai, agromaritim merupakan sektor yang berkelanjutan atau sustainable. Sehingga ia berharap kontribusi agromaritim di sisi perdagangan bisa lebih besar lagi ke depannya.

Tidak hanya dari sisi industri pengolahannya, kata dia, tapi dari hal-hal yang sifatnya berkelanjutan. Sehingga masyarakat bisa hidup lebih sehat, dengan mengkonsumsi produk sektor agro dan maritim yang segar.

“Bukan berarti mengesampingkan industri pengolahannya. Tetap akan ada, tapi yang jelas ini (agromaritim) potensinya besar. Bisa mencapai seperti itu? Saya yakin bisa,” ucapnya.

Dewan Pengurus Pusat (DPP) Himpunan Alumni (HA) Institut Pertanian Bogor (IPB) University menggelar Agromaritim Outlook 2024 dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas III). Usai dua kegiatan tersebut, HA IPB akan menyampaikan masukan-masukan tentang agromaritim kepada pemerintah Indonesia.

Baca juga: HA IPB akan beri masukan soal agromaritim kepada pemerintah

Baca juga: HA IPB resmi luncurkan buku putih untuk agromaritim Indonesia

Baca juga: HA IPB rumuskan sembilan program strategis untuk Indonesia Emas 2045

 

Pewarta: Shabrina Zakaria
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024