Periode selanjutnya perlu menambahkan ragam kekayaan budaya lainnya, Remo sudah, tinggal ludruk dan yang lainnya
Surabaya (ANTARA) - Pimpinan DPRD Kota Surabaya mendukung pemerintah kota (pemkot) setempat berinovasi pada suguhan pertunjukan agenda tahunan Parade Surabaya Juang yang kini masuk "Karisma Event Nusantara" (KEN) 2024 Kemenparekraf RI.

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Laila Mufidah di Surabaya, Selasa, mengatakan pemkot harus melibatkan lebih banyak pelaku kesenian tradisional, sebab even peringatan Hari Pahlawan itu bisa dijadikan sarana melestarikan budaya nusantara.

Baca juga: Pemkot gelar Parade Surabaya Juang 2023 peringati Hari Pahlawan
 
"Periode selanjutnya perlu menambahkan ragam kekayaan budaya lainnya, Remo sudah, tinggal ludruk dan yang lainnya," kata Laila.
 
Menurutnya, semakin banyak ragam kesenian tradisional ditampilkan maka dapat memberikan dampak pada kesejahteraan para pelaku seni.
 
Selain menambah porsi kesenian tradisional, Laila juga mendorong penambahan aksi teaterikal pertempuran yang menjadi poin utama acara Parade Surabaya Juang.
 
Politikus perempuan itu optimistis diperkayanya tampilan Parade Surabaya Juang bisa semakin menarik minat masyarakat setempat maupun wisatawan untuk datang menyaksikan even tersebut.
 
"Pemkot selalu berhasil mengemas parade juang dengan sangat baik, kami berharap tahun ini juga ada sesuatu yang berbeda dan kami di legislatif siap mendukung penuh," ujarnya.
 
Laila menjelaskan, ketika jumlah masyarakat yang hadir menyaksikan meningkat maka mampu memberikan dampak pada sektor perekonomian bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Baca juga: Menggali nilai-nilai dari Parade Juang Hari Pahlawan di Surabaya
 
"Ada dampak ekonomi di sana, kami berharap tahun ini bisa semakin menyejahterakan pelaku UMKM," kata Laila.
 
Pemkot, kata dia, juga harus memperkuat koordinasi dengan pihak kelurahan dan kecamatan, khususnya di wilayah yang dilalui arak-arakan peserta parade.
 
"Rute parade juang meliputi beberapa kelurahan dan kecamatan, nantinya bisa disiapkan oleh camat dan lurah mengenai pelaku UMKM yang akan dilibatkan," tutur Bendahara PKB Surabaya ini.
 
Sementara itu, terkait rute parade dirasanya telah cukup dan sudah tidak perlu dilakukan penambahan rute.
 
Rute even tahunan itu, yakni Jalan Pahlawan, Jalan Kramat Gantung, Jalan Gemblongan, Jalan Tunjungan, Jalan Gubernur Suryo, Jalan Yos Sudarso, dan berakhir di Jalan Wali Kota Mustajab.
 
"Soal rute sudah pas, sebab jika semakin panjang akan sangat membebani peserta parade yang menempuhnya dengan berjalan kaki," tutur dia.

Baca juga: Parade Juang dan Rujak Uleg di Surabaya jadi daya tarik wisatawan

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024