Kabupaten Toba, Sumatera Utara (ANTARA) -
InJourney Aviation Services (IAS) melibatkan tenaga lokal untuk melayani logistik makanan dan hospitality (keramahtamahan) atau pendamping Tim F1 Powerboat Danau Toba 2024 yang diselenggarakan di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, pada 2-4 Maret.
 
Direktur Integrasi dan Portofolio IAS, Danny P. Thaharsyah, mengatakan bahwa pelayanan terkait penyediaan makanan, pendamping tim, kebersihan venue, dan pelayanan tiket memberdayakan warga lokal, seperti dari Kabupaten Toba, Samosir, dan Simalungun.
 
"Semua tenaga yang digunakan di tempat ini (venue powerboat) seperti untuk hospitality, bahkan di logistik makanan dan lain-lain, semuanya kami rekrut dari warga lokal," kata Danny kepada ANTARA, Kamis, usai meninjau persiapan penyelenggaraan lomba perahu motor super cepat itu.
 
Ia menjelaskan, hampir 100 persen pekerja di lokasi utama menggunakan tenaga lokal yang sudah dilatih pekan lalu, yang terdiri dari 60 orang untuk fasilitas perawatan lokasi dan pelayanan tiket, tenaga pendukung logistik makanan 15 orang, serta pendamping tim 15 orang.
 
Lebih lanjut, dia menjelaskan, tim dari Jakarta atau nasional hanya membantu untuk mengkoordinasikan pelayanan dari setiap tenaga lokal yang diberdayakan dalam ajang kelas dunia itu.
 
Danny optimistis, tenaga lokal itu mampu melayani kru tim dan pembalap dengan baik, karena sebagian sudah memiliki pengalaman dalam event internasional yang lain, sehingga dirinya tidak perlu khawatir terkait kualitas pelayanannya.
 
Bahkan, semua tenaga lokal itu sudah bekerja sejak beberapa hari terakhir untuk membantu proses persiapan logistik.
 
"Kami melihat potensi dan kompetensi dari tenaga kerja lokal sangat mendukung untuk event ini, makanya kami beri kesempatan," ujar Danny.
 
Ia menambahkan, semua bentuk pelayanan yang berkualitas tinggi akan terus diupayakan sebagai bentuk komitmen pemerintah melalui IAS yang merupakan salah satu perusahaan badan usaha milik negara (BUMN), guna memastikan semua kru tim, pembalap, dan ofisial bisa nyaman dan aman selama penyelenggaraan perlombaan.
 
F1 Powerboat Danau Toba 2024 akan diikuti 18 pembalap dari sembilan tim.
 
Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba.
 
Penyelenggaraan powerboat nanti juga spesial, karena merupakan edisi ke-300 sejak diselenggarakan pada 1984 di 39 negara.

Baca juga: ITDC koordinasi dengan pemda untuk berdayakan UMKM selama F1 powerboat
Baca juga: ITDC ajak masyarakat untuk bantu promosi F1 Powerboat Danau Toba 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024