Kabupaten Toba, Sumatera Utara (ANTARA) -
Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) membagi dua zona lalu lintas (lantas) saat penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024 di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumut Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Muji Ediyanto mengatakan bahwa manajemen rekayasa lantas yang dibuat adalah dengan menerapkan zona hijau dan kuning untuk akses menuju lokasi utama perlombaan.

"Jadi nanti ada zona hijau dan kuning yang mulai diberlakukan pada 1 hingga 3 Maret," kata Muji kepada ANTARA, Kamis, setelah memantau proses manajemen rekayasa lantas di Balige.

Baca juga: IAS: Semua persiapan logistik F1 Powerboat Danau Toba sudah rampung

Ia membeberkan, zona hijau dibuat untuk masyarakat biasa yang tinggal dan beraktivitas di sekitar venue utama. Sedangkan zona kuning dibuat untuk pengendara mobil dari arah jalan lintas Sumatera, yaitu Kota Medan atau Kabupaten Simalungun dan jalur sebaliknya yaitu dari arah Tarutung (Kabupaten Tapanuli Utara), menuju Balige.

Lebih lanjut, dia mengatakan jika zona hijau masih dalam batas normal atau jumlah mobil tidak padat, maka masih diperbolehkan untuk melintasi kawasan inti kota.

Namun, ketika sudah mulai padat, maka petugas akan mengalihkan mobil ke jalan by pass atau bebas macet dari dua arah jalan lintas Sumatera.

Muji menambahkan, khusus untuk penonton atau wisatawan yang ingin menuju lokasi perlombaan, petugas menyiapkan kantong parkir di sekitar Simpang Tiga Longat dari arah Tarutung dan Simpang Tiga Tambunan dari arah Medan.

"Dari Simpang Tiga Tambunan sampai Simpang Tiga Longat, kendaraan akan dilarang parkir di badan jalan," ujar dia.

Baca juga: IAS melibatkan tenaga lokal untuk melayani Tim F1 Powerboat Danau Toba

Sementara itu, tambah dia, polisi juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Toba untuk menyediakan 35 shuttle bus, yang terdiri dari lima bus besar dan 35 minibus, guna mengangkut pengunjung atau wisatawan di kantong-kantong parkir yang telah disediakan.

Selain itu, untuk pengunjung di inti kota Balige, petugas masih memperbolehkan becak bermotor dan angkutan umum untuk beraktivitas seperti biasa.

F1 Powerboat Danau Toba 2024 diikuti 18 pembalap dari sembilan tim.

Pada 2-3 Maret, Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba.

Penyelenggaraan kejuaraan tersebut juga spesial, karena merupakan edisi ke-300 sejak diselenggarakan pada 1984 di 39 negara.

Baca juga: ITDC koordinasi dengan pemda untuk berdayakan UMKM selama F1 powerboat
Baca juga: Pembukaan F1 Powerboat Danau Toba libatkan 245 orang pengisi hiburan
Baca juga: 265 wartawan daftar liput F1 Powerboat Danau Toba

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024